Senin, 29 Februari 2016

10 Contoh Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kertas

10 Contoh Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kertas - Ragam Kerajinan Tangan. Membuat kerajinan tangan dari kertas bukanlah hal baru lagi di Indonesia jenis kerajinan yang satu ini mungkin saja telah di kenal mulai sejak kakek nenek kita di sekolah dasar, cuma saja perubahannya saat ini makin maju serta  mengikuti perubahan jaman, kertas yang dipakai juga makin beragam. Bicara mengenai kertas, sangat banyak varian kertas yang dapat dipakai untuk mengolah menjadi kerajinan, dari mulai kertas sisa yang ada di rumah sampai kertas-kertas khusus kerajinan seperti origami. 


Beberapa macam kerajinan kertas unik serta menarik


Kertas kerapkali hanya menjadi sampah yang membuat tempat tinggal berantakan. Walau sebenarnya ditangan orang kreatif kertas-kertas itu dapat menghasilkan barang yang bernilai estetika tinggi dengan bentuk unik serta menarik juga enak diliat. Di bawah ini beberapa cara membuat kerajinan tangan dari kertas

1. Membuat Replika Kapal Pinisi Dari Kertas Bekas 

Replika barang seperti tiruan mobil, motor, sepeda, tempat tinggal maupun kapal layar kerapkali jadi pajangan menarik didalam rumah. Memiliki bentuk yang mungil namun memiliki bentuk yang hampir mirip dengan aslinya menjadikan hiasan ini begitu di sukai. Miniatur barang yang kita kenal umumnya terbuat dari kayu, plastik maupun batu, namun nyatanya kertas Koran bekas juga bisa menghasilkan miniatur yang unik dan menarik. Pada kajian kesempatan ini kami akan memberikan langkah membuat miniatur kapal layar dari kertas Koran bekas 




Berikur Adalah Alat dan Bahan Yang dibutuhkan : 

  • Kertas Koran bekas 
  • Lem kertas 
  • Cat warna sesuai sama hasrat 
  • Gunting 


Langkah - langkah Membuat Miniatur Kapal Layar Tiruan 

  • Sesudah alat serta bahan yang yang di butuhkan disediakan, kerjakan langkah pertama dengan menggunting Koran jadi bebrapa bagian berupa persegi panjang. 
  • Sesudah menggunting, gulunglah kertas Koran dengan cara perlahan-lahan sampai membuat gulungan kecil seperti menggulung gulungan rokok. Upayakan gulungannya rapat serta rapih.
  • Buat gulungan itu sebanyak mungkin sampai cukup untuk membuat miniatur kapal.
  • Proses selanjutnya guntinglah gulungan-gulungan itu dengan panjang sesuia kebutuhan.
  • Kemudian, aturlah gulungan itu untuk membentuk kapal dengan memakai lem kertas sebagai perekatnya.
  • Agar tampak seperti aslinya berikan beberapa ornament kecil di atasnya seperti layar kapal.



2. Membuat Hiasan Dinding Dari Kertas Berwarna

Kreasi menarik lainya dari kerajina tangangan dengan kertas adalah membuat hiasan dinding dari kertas berwarna. Ternyata hanya dengan kertas bisa juga menghasilkan suatu hiasan dinding yang unik dan menarik, Yuk simak proses pembuatanya di bawah ini : 



Alat dan bahan yang di butuhkan

  • 6 kertas warna atau bisa juga dengan kertas kado tanpa motif
  • Kardus bekas 
  • Lem 
  • Paku 
  • Double tip 
  • Palu 
  • Gunting 


Lanjut ke proses pembuatan hiasan dinding dengan kertas

  • Langkah pertama dengan menggunting kardus bekas menjadi 6 potong dengan ukuran masing - masing 30 cm x 20 cm. 
  • Kemudian, gunting kertas berwarna atau kertas kado seperlunya untuk melapisi kardus itu. 
  • Bentuklah kertas berwana yang sudah di siapkan tadi dengan bentuk burung, naga atau apapun sesuai dengan selera anda atau bisa juga mengkombinasikanya.
  • Tempelkan kertas warna pada kardus dengan memakai lem 
  • Lalu tempelkan hiasan itu jadi enam baris. 


Di bawah ini ada beberapa contoh hasil kerajinan tangan unik dari kertas

Anjing Dari kertas

Busana Kertas

Hiasan Dinding

Lampu Hias

Naga

Sandal
Bingkai

Add caption

ide dan inspirasi membuat kerajinan tangan dari kertas

Demikianlah 10 Contoh Membuat Kerajinan Tangan Unik Dari Kertas dari blog ragam kerajinan tangan, semoga bisa memberikan ide dan inspirasi untuk anda dalam membuat kerajinan tangan dari kertas.

Sabtu, 27 Februari 2016

45 Kerajinan Tangan Unik dan Mudah dari Barang Bekas - Bagian 2

45 Kerajinan Tangan Unik dan Mudah dari Barang BekasRagam Kerajinan Tangan. Setelah sekian lama, akhirnya blog ragam kerajinan tangan dapat menampilkan bagian ke 2 dari seri 45 kerajinan tangan unik dan mudah dari barang bekas. Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi mengenai 7 daftar lanjutan dari seri Kerajinan Tangan Unik dan Mudah dari Barang Bekas. Ke 7 daftar kerajinan tangan unik dan mudah dari barang bekas selanjutnya adalah :











#8. Membuat Tempat Makanan dari Botol Bekas

Tempat Makanan dari Botol Bekas Kerajinan Tangan Unik dan Mudah
Tempat Makanan dari Botol Bekas

Untuk membuat tempat makan dari botol bekas, maka anda dapat memotong botol makanan yang terbuat dari plastic kemudian setrika atau panaskan bagian yang dipotong untuk merapikan bekas bagian yang terpotong. Anda bisa juga memberikan lukisan jika perlu, sehingga tempat makanan yang anda buat menjadi terlihat unik dan menarik.

#9. Rack Buku yang Terbuat Dari Tangga Bekas Dari Kayu

Rack Buku yang Terbuat Dari Tangga Bekas Kerajinan Tangan Unik dan Mudah
Rack Buku yang Terbuat Dari Tangga Bekas

Anda memiliki kumpulan buku sejak anda duduk dibangku TK hingga lulus kuliah? Anda tidak perlu mengeluarkan duit serta merogoh kocek mahal-mahal hanya untuk membeli rak buku baru untuk rumah baru kumpulan buku anda. Dengan sedikit keterampilan kerajinan tangan barang bekas, ternyata tangga bekas yang ada di belakang rumah bisa digunakan sebagai rak buku dan menjadikannya sebagai kerajinan tangan unik dan mudah dibuat. Cukup kreatif bukan ? Anda bisa juga menerapkannya, tapi ingat! Jangan sekali2 anda gunakan tangga yang masih digunakan .. 

#10. Meja Dekorasi Dengan Botol Bekas

Meja Dekorasi Dengan Botol Bekas Kerajinan Tangan Unik dan Mudah
Meja Dekorasi Dengan Botol Bekas

Untuk membuat meja dekorasi dengan botol bekas ini cukup susah-susah gampang membuatnya, tapi tidak ada salahnya perlu di coba. Hasil dari kerajinan tangan barang bekas ini bisa mempercantik ruang keluarga dan ruang tamu di rumah anda. 

Botol bekas tentunya sangat mudah untuk kita dapatkan. Selamat Berkarya, semoga setelah anda membaca mengenai seri Kerajinan Tangan Unik dan Mudah dari Barang Bekas, yang merupakan artikel berseri dari seri 45 Kerajinan Tangan Unik dan Mudah dari Barang Bekas, maka anda sebagai pembaca setia blog ragam kerajinan tangan bisa mendapatkan manfaat yang besar serta mampu menjadi inspirasi bagi anda semua untuk berkarya dalam bidang kerajinan tangan.

#11. Tempat Pensil Dari Botol Bekas

Tempat Pensil Dari Botol Bekas Kerajinan Tangan Unik dan Mudah
Tempat Pensil Dari Botol Bekas

Banyaknya botol-botol bekas minuman yang ada di rumah kita, saying juga kalau hanya untuk dibuang begitu saja. Anda bisa memanfaatkan botol botol bekas tersebut untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan unik dan mudah. Kerajinan tangan unik dan mudah dari botol bekas itu bisa berupa tempat pensil yang unik dan indah untuk di pajang di meja kerja atau meja belajar kita.

#12. Gelas Cantik dari Botol Bekas 


Gelas Cantik dari Botol Bekas Kerajinan Tangan Unik dan Mudah
Gelas Cantik dari Botol Bekas

Dirumah banyak anak-anak yang sering minum. Kita tentunya cukup khawatir apabila anak-anak kecil dirumah minum menggunakan gelas dari kaca. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan botol bekas yang ada di rumah untuk dijadikan kerajinan tangan unik dan mudah sebagai gelas cantik yang memikat, sehingga aman digunakan sebagai tempat minum untuk anak kecil, dan anda tidak perlu khawatir gelas cantik dari botol bekas tersebut jatuh dan pecah.

#13. Hiasan Gurita dari Botol Bekas

Hiasan Gurita dari Botol Bekas Kerajinan Tangan Unik dan Mudah
Hiasan Gurita dari Botol Bekas

Contoh berikut ini merupakan hiasan dari hasil kerajinan tangan unik dan mudah, yang bisa kita buat dari kumpulan botol bekas yang sudah tidak terpakai. Hiasan-hiasan dari botol bekas ini bisa kita bentuk menjadi hiasan gurita yang cantik yang bisa kita gantungkan di pintu rumah.

#14. Pot Tanaman Indah Dari Botol Bekas

Pot Tanaman Indah Dari Botol Bekas Kerajinan Tangan Unik dan Mudah
Pot Tanaman Indah Dari Botol Bekas

Pot Tanaman Indah Dari Botol Bekas Kerajinan Tangan Unik dan Mudah
Pot Tanaman Indah Dari Botol Bekas

Pot tanaman dari botol bekas yang sudah tidak terpakai ini sangat mudah untuk dibuat. Anda tinggal mengumpulkan botol bekas minuman yang agak keras, lalu tempelkan kumpulan botol bekas tersebut di dinding dengan terlebih dahulu di potong dibagian tertentu.  Jadilah kerajinan tangan unik dan mudah berupa pot tanaman indah yang cantik dan unik.

Sebagaimana kita telah lihat bersama, ke 7 kerajinan tangan unik dan mudah dari barang bekas di atas, semuanya terbuat dari botol bekas. Botol bekas tentunya sangat mudah untuk kita dapatkan. Selamat Berkarya, semoga setelah anda membaca mengenai seri Kerajinan Tangan Unik dan Mudah dari Barang Bekas, yang merupakan artikel berseri dari seri 45 Kerajinan Tangan Unik dan Mudah dari Barang Bekas, maka anda sebagai pembaca setia blog ragam kerajinan tangan bisa mendapatkan manfaat yang besar serta mampu menjadi inspirasi bagi anda semua untuk berkarya dalam bidang kerajinan tangan.

Senin, 22 Februari 2016

komponen karburator motor dan funsinya


karburotor dirancang dan dibentuk sedemikian rumit, dengan tujuan karburator mampu mensuplay kebutuhan mesin pada setiap kondisi, baik itu beban ringan atau beban berat.
Diharapkan karburator mampu mensetabilkan campuran yang dibutuhkan mesin, dengan tetap menyetabilkan di campuran ideal. Karena adanya aturan bebas dari polusi, maka karburator juga harus mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk itu diperlukan sistim karburator yang benar-benar mumpuni dan tentunya harus ada komponen yang mendukung. Apa saja komponen yang diperlukan karburator ? Ada berapa macam komponen-komponen tersebut? Berikut komponen karburator dan fungsinya.


gambar karburator dan komponen pendukung.


komponen karburator.
  • Ruang bahan bakar.
  • Choke valve.
  • Piston valve (throttle valve).
  • Main jet atau saluran utama.
  • Slow jet.
  • Piston valve screw.
  • Pilot screw.
  • Pompa akselerasi.
Ruang bahan bakar.
semua karburator membutuhkan suplai minyak yang konstan dan stabil. Penyupelai bahan bakar dari tangki motor, akan selalu dikendalikan oleh pelampung dan jarum pelampung. Pelampung berfungsi mengatur dan mengontrol pergerakan jarum pelampung berdasarkan jumplah minyak yang terdapat di dalam ruang penyimpan minyak didalam karburator.
Jarum pelampung berfungsi untuk menutup dan membuka saluran minyak dari tangki motor.\bila jumlah minyak didalam ruang penampung karburator telah mencapai ketinggian tertentu atau telah penuh, maka jarum pelampung akan menutup saluran minyak tersebut dan sebaliknya.
Jika minyak telah berkurang maka pelampung akan turun dan jarum pelampung akan membuka saluran minyak yang dari tangki motor.

Choke valve.
Choke valve secara umun disebut cuk. Fungsi dari pada cuk adalah untuk memperkaya campuran bahan bakar atau minyak, terumata pada saat mesin dalam keadaan dingin.Untuk menghasilkan campuran minyak dan udara yang kaya, pada saluran masuk karburator dipasang sebuah piringan (choke) yang dapat menutup saluran utama karaburator.

Pada saat choke valve ditutup, kevakuman yang terjadi disaluran udara masuk akan ''memaksa'' bahan bakar lebih banyak keluar dari ruang bahan bakar atau ruang penampung di karburator sehingga campuran menjadi kaya.

Piston valve (throttle valve).
Secara umum fungsi komponen karburator yang ini, untuk mengatur besar dan kecilnya saluran venturi, tetapi kalo kita pelajari lebih jauh lagi, piston valve untuk mengatur jumplah besar dan kecilnya gas bahan bakar yang masuk kedalam silinder mesin atau ruang bakar. Dilihat dari sisi ini maka fungsi piston valve adalah: Merubah putaran mesin.
Mempertahankan kecepatan mesin atau motor pada beban yang berbeda-beda.

Piston valve atau throttle dilengkapi dengan jarum skep atau jet needle, dan fungsi dari jarum skep adalah untuk mengatur jumlah bahan bakar atau minyak, yang keluar dari saluran utama ( main jet).

Di jarun skep sendiri terdapat beberapa titik pengaturan, yang dapat digunakan untuk mengurangi atau menambah minyak yang keluar dari saluran utama atau main jet.


Main jet atau saluran utama.
Main jet atau saluran utama berguna untuk menyuplai keperluan minyak yang dibutuhkan mesin sesuai dengan tingkat kecepatan putaran mesin motor. Baik pada putaran tinggi, menengah, dan cepat sesuai dengan beban motor itu sendiri.

Slow jet
Saluran slow jet berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar ke dalam silinder mesin pada saat mesin dalam keadaan putaran langsang .Dan pada proses ini, piston valve atau throttle dalam posisi menutup rapat.

piston valve screw.
Baut penyetel ini berfungsi untuk, menyetel throttel mengatur besar kecilnya idhlle atau putaran langrang. Putaran langsam motor berkisar antara 3000RPM (rotasi putaran permenit). Cara mendapatkan putaran langsang yang sempurna. Pada motor bebek bisa didapatkan dengan merasakan getaran atau vebrasi terendah. untuk motor sport sama cara mendapatkanya atau lihat pada jarum sepedo meter untuk putaran RPM.

pilot screw.
Screw ini berguna untuk mengatur jumplah aliran udara yang masuk ke ruang silinder,sehingga di dapatkan campuram yang tepat pada waktu mesin putaran langsam.

Pompa akselerasi.
Pompa akselerasi ini gunanya untuk menambah jumlah minyak saat mesin mengalami perubahan kecepatan putaran, dari putaran rendah keputaran tinggi. Penambahan bahan bakar ini diperlukan, sebab pada saat piston valve( throttle) terangkat kevakuman akan turun sehingga suplai minyak akan berkurang yang akan menyebabkan detonasi atau ledakan.




prinsip kerja dan bagian yang berfungsi.

putaran langsam
Adapun prinsip kerja dan bagian-bagian yang berfungsi di saat mesin berubah-ubah kecepatan. Putaran langsam (idle speed), Pengertian putaran langsam adalah putaran mesin terendah tanpa beban sesuai dengan standar pabrik.

Pada kondisi ini piston valve dalam keadaan tertutup, dan saluran utama tidak mengeluarkan minyak. Udara mengalir melalui saluran udara ( slow air bleed) menuju saluran slow jet.jumplah campuran minyak dan udara yang dihasilkan umumnya hanya cukup untuk mempertahankan mesin tetap hidup di vebrasi minimun.


Pada kondisi ini saluran-saluran yang aktif adalah:
  • Slow air bleed.
  • Slow jet.
Bila putaran langsam tidak sesuai dengan ketentuan, dapat di koreksi dengan memutar sekrup katup trottle ( pilot valve screw) hingga di peroleh putaran mesin yang tepat.

Putaran menengah.
Maksud dari putaran menengah, yaitu pada saat mesin berputar kira-kira setengah dari putaran maksimum mesin, dan pilot valve. Posisi gas tangan berada pada setengah lintasan maksimumnya. Pada kondisi ini venturi yang terbentuk juga setengah dari venturi maksimum.
Dalam keadaan ini, udara akan mengalir melalui saluran venturi dan saluran idle ( slow air bled ). Jarum skep terangkat mengikuti piston valve, maka bahan bakar akan mengalir dari saluran utama (main jet) dan juga dari saluran idle (slow jet).

Jumplah minyak yang keluar dari saluran utama akan diatur oleh jarum skep yang berbentuk tirus, sesuai dengan celah yang ada antara saluran utama dan jarum skep. Oleh sebab itu, penempatan klip atau penyetel jarum skep sangat menentukan. Dalam hal ini jumlah posisi klip penyetel umumnya berkisar antara 3-5 buah.

Dengan demikian, komponen-komponen karburator yang berfungsi pada kondisi mesin putaran menengah adalah:
  • Venturi air bleed.
  • Slow jet.
  • Main jet.
  • jet needle.
  • Piston valve.
Putaran tinggi.
Maksud dari putaran tinggi disini adalah mesin berputar pada putaran maksimum. Pada keadaan ini, gas tangan ditarik penuh. Dengan demikian, piston valve berada pada kondisi terbuka full dan jarum skep terangkat penuh sehingga lubang saluran utama tidak tertutup lagi oleh jarum skep.Udara akan mengalir sepenuhnya melalui venturi yang telah terbuka maksimum. Udara akan menarik minyak sepenuhnya melalui saluran utama.

pada saat mesin putaran maksimum, terjadi hal yang spesifik. Aliran udara dan aliran minyak, yang sudah tercampur menjadi gas bergerak sangat cepat. Namun pada kenyataannya partikel minyak lebih cepat mencapai ruang silinder dibandingkan udara. Sehingga sewaktu gas di kompresi, komposisi campuran menjadi kaya. Campuran kaya akan menghasilkan polusi dan pemborosan bahan bakar.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka karburator dilengkapi dengan main air bleed.

Adapun tujuan ditambahkannya saluran udara ini, untuk menambahkan atau menyuntikkan udara ke dalam aliran pada saat putaran tinggi.sehingga komposisi campuran dapat dipertahankan sesuai standar yaitu 1:15, sekaligus untuk mengendalikan emisi gas buang dan meningkatkan efesiensi pengunaan bahan bakar.


Dampak yang terjadi kalau sampai saluran ini tersumbat yaitu bahan bakar jadi boros pada putaran tinggi dan peningkatan kadar polusi gas buang.

Istilah lain untuk saluran ini ialah koreksi campuran bahan bakar (mix correction passage) gunanya untuk memperbaiki komposisi campuran agar slalu tepat.
Dari uraian panjang diatas dapat kita simpulkan, komponen-komponen karburator yang bekerja pada saat mesin di putaran tinggi.
  • Venturi maksimum.
  • Jet needle maksimum.
  • Saluran utama (main jet).
  • Main air bleed.

Sabtu, 20 Februari 2016

Cara membaca kode ban motor


Ban atau lazim disebut roda, secara umum berfungsi untuk meneruskan putaran mesin (engine) ke jalan, sehingga kendaraan dapat bergerak. Roda adalah satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan dan terdiri dari ban, velk (rim), jari-jari (spoke), tromol ( drum atau hub).

Ban yang digunakan, secara spesifik, tidak sama antara ban depan dan ban belakang. 

Penentuan ini di pengaruhi oleh faktor-faktor teknis seperti jenis motor, jenis velk dan kegunaan ban yang di pasang pada motor. Untuk rancangan kembang ban depan lebih mengutamakan faktor anti slip, sementara ban belakang mengutamakan pada kekuatan atau daya cengkeram pada permukaan jalan.


Pada umumnya pabrikan motor mengunakan dua jenis kembang ban, untuk ban belakang dan ban depan, yaitu :
  1. Jenis rib pattern yang digunakan pada ban depan.
  2. Jenis block pattern yang digunakan pada ban belakang.

Tapi pada kenyataan, ada jenis-jenis ban yang di gunakan khusus. Misal untuk balap, dan tergantung dari medan yang dilalui. medan tanah atau medan aspal.
pembahasan cara membaca kode ban motor. Umunnya kode pada ban bermacam-macam, sesuai dengan perkembangan motor yang di keluarkan oleh pabrikan motor.

Contoh kode pada ban motor adalah: 2.75-18-4PR/42P
Kita dapat menguraikan kode diatas, berapa kekuatan ban, berapa batas kecepan yang diperbolehkan. Untuk lebih jelasnya akan saya uraikan satu persatu.

contoh; 2.75-18-4PR/42P
  • 2.75 adalah lebar ban dalam satuan inchi.
  • 18 adalah garis tengah lingkaran dalam ban (satuan inchi).
  • 4PR adalah jumplah apisan penguat.
  • 42 adalah kode beban maximun.
  • p adalah batas kecepatan yang di ijinkan.

contoh: 100/90-18-56p
  • 100 adalah lebar ban, dalam satuan mm.
  • 90 adalah perbandingan tinggi dan lebar ban, dalam satuan persen.
  • 18 garis tengah lingkaran dalam ban, satuan inchi.
  • 56 kode beban maximum.
  • p kode batas kecepatan.



contoh: 4.00 H-18 4PR.
  • 4.00 lebar ban,dalam satuan inci.
  • H kode batas kecepatan.
  • 18 garis tengah lingkaran dalam ban, satuan inchi.
  • 4PR jumlah lapisan pengut.

itulah jenis-jenis kode yang ada dalam ban, apapu jenis jenis dan model dalam penulisan kode, cara membaca sama dengan contoh-contoh di atas.

jenis-jenis kode batas kecepatan antara lain ;
  • J menunjukan batas kecepatan 100km per jam.
  • N menunjukan batas kecepatan 140km per jam.
  • P menunjukan batas kecepatan 150km per jam.
  • S menunjukan batas kecepatan 180km per jam.
  • H menunjukan batas kecepatan 210km per jam.
  • V menunjukan batas kecepatan 240km per jam

Jumat, 19 Februari 2016

Cara kerja karburator sepeda motor


pada dasarnya, fungsi dari karburator adalah menyuplai gas hasil pencampuran bahan bakar dan udara ke dalam silinder atau ruang bakar. Namun untuk menghasilkan campuran yang tepat, pada setiap kondisi mesin adalah sangat sulit. Diperlukan beberapa komponen pendukung lain untuk dapat memenuhi tuntutan tersebut. Selain itu karburator juga dirancang untuk dapat mengurangi kadar polusi yang di timbulkan dari hasil pembakaran.
Untuk mendapatkan campuran yang ideal, di perlukan cara kerja karburator dan komponen-komponen pendukung yang benar-benar bagus. Campuran bahan bakar dan udara yang ideal adalah 1:15, yaitu satu bagian bahan bakar dan lima belas bagian udara.

Pengertian ideal dalam hal ini adalah satu bagian bahan bakar akan terbakar habis dengan lima belas bagian udara, dengan kadar oxigen kurang lebih 35%.

Pada dasarnya, karburator harus mampu mempertahankan atau memenuhi kebutuhan mesin pada setiap kondisi kerja mesin, misalnya pada saat mesin di hidupkan dalam keadaan dingin, saat putaran langsam, putaran menengah, peracepatan, putaran tinggi, dan pada beban maximun.

Idealnya karburator harus mempertahankan komposisi campuran tetap ideal 1:15. Apabila campuran (1:<15) maka itu termasuk campuran kaya atau boros, yang akan menimbulkan polusi. Dan campuran miskin atau irit (1:>15) yang akan mengakibatkan mesin panas.
Untuk dapat mengabutkan bahan bakar, di perlukan tambahan udara kepada bahan bakar. 

Lalu' bagaimana proses pengabutan tersebut dapat terjadi di dalam karburator ?.
Berikut akan kita bahas mengenai kaidah perbedaan tekanan udara, yang menjadikan terjadinya pengabutan.

Perbedaan tekanan 
Kita sudah dapat membayangkan bahwa karburator bekerja berdasarkan prinsip perbedaan tekanan. Untuk lebih jelasnya, ada 3 ungsur pokok yang menjadi dasar kerja karburator, yaitu; 

  1. tekanan atmosfir. 
  2. kevakuman. 
  3. prinsip kerja venturi. 
tekanan atmosfir
tekanan atmosfir adalah tekanan udara di sekitar kita. yang selalu berusaha masuk ke dalam ruang- rtuang hampa.dan tekanan ini yang akirnya di manfaatkan karburator untuk mengalirkan udara dari dalam sistim karburator.

vakum
pengertian vakum hampa udara di dalam suatu ruangan tertutup. namun untuk lebih mudah dalam pemahaman kerja karburator, setiap tekanan yang lebih rendah dari tekanan atmosfir kita di sebut dengan vakumatau takanan rendah.

di dalam mesin, saat piston bergerak menuju titik mati bawah(TMB), pada saat langkah isap,akan menimbulkan tekanan rendah atau vakum.
karena terjadi perbedaan tekanan antara siinder dan udara luar, maka udara akan mengair masuk dalam silinder melalui saluran di karburator.

venturi
perbedaan tekanan merupakan dasar kerja suatu karburator. untuk mendapatkan suatu perbedaan tekanan di dalam karburator , maka di buatlah suatu penyempitan saluran udara di dalam karburator. 
Saluran penyempitan ini di sebut venturi. Semakin cepat udara bergerak mengalir pada saluran venturi, maka akan semakin rendah.
Inilah yang di gunakan untuk menghisap bahan bakar. Pada saluran yang tidak mengalami penyempitan saluran mempunyai tekanan yang sama.


perhatikan gambar di atas, tekanan pada venturi akan menghisap bahan bakar dari ruang bahan bakar. Sehingga pada saluran keluar telah di hasilkan gas hasil pencampuran bahan bakar dan udara.
Karburator jenis ini di sebut karburator horisontal, Atau lazim juga di sebut karburator aliran normal. Umumnya mesin sepedah motor mengunakan karburator jenis ini. Dan inilah yang disebut proses pengabutan.

Walaupun fungsi dan pola venturi adalah sama pama seluruh karburator, namun karaburator memiliki kontruksi yang berbeda-beda. Posisi throttle (piston valve), tinggi atau rendah, akan sekaligus membentuk venturi.

Diawal pembahasan telah kita singgung, bahwa karburator dirancang sedemikian rupa sehingga karburator di harapkan dapat menjaga kondisi campuran bahan bakar dan udara seideal mungkin. Pada setiap kondisi beban atau putaran mesin. Untuk itu diperlukan komponen-komponen yang akan membentuk suatu sistim untuk memenuhi tuntutan tersebut.

Bagian-bagian karburator 
  • Ruang bahan bakar. 
  • Choke valve. 
  • Piston valve (throttle valve). 
  • Main jet. 
  • Slow jet. 
  • Piston valve screw. 
  • Pilot skrew. 
  • Pompa akselerasi( membran). 
Itu adalah komponen-komponen pendukung kinerja karburator. Untuk penjelasan masing-masing komponen silahkan klik atau lihat artikel''

Kamis, 18 Februari 2016

cara dan tips merawat aki motor


aki merupakan salah satu dari komponen kelistrikan pada sepeda motor yang memiliki fungsi penting dalam kegunaannya. Selain menjadi kunci utama agar elektrik stater dapat dinyalakan, aki juga berfungsi untuk menghidupkan fungsi komponen kelistrikan yang lain, seperti lampu depan, lampu sen atau reteng , dan lampu indikator lainnya.
Sebab itu aki perlu dirawat agar tidah mudah rusak dan mati .bisa di Bayangkan apabila aki motor rusak, mungkin kita akan mengalami kesulitan dalam berkendara karena fungsi kelitrikan pada lampu motor tidak berfungsi denga baik.oleh sebab itulah, akan berbagi sedikit tips dan cara merawat aki atau batere Motor supaya tidak mudah rusak atau soak.

aki motor dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

1. Aki basah.
2. Aki kering.



Aki Basah
Aki ini disebut aki basah karena di dalamnya terdapat cairan, berupa asam sulfat. Dan untuk batere jenis ini diperlukan perawatan secara rutin, karena cairan di dalam batere ini harus tetap terjaga dalam keadaan diatas normal agar suplai arusnya bisa maksimal dan membuatnya tidak mudah soak karena kekeringan cairan. Minimal dalam 1 minggu atau 2 minggu harus dilakukan pengecekan dan penambahan air aki.


Aki Kering

batere ini mengandung cairan yang berupa gel sebagai ganti cairan accu zurre atau cairan elektrolit. Gel pada jenis ini memiliki kemampuan atau sifat yang sulit menguap, bahkan sekalipun gel ini menguap, sisa dari uapnya tadi akan masuk kembai ke dalam aki sehingga kita tidak perlu melakukan proses pengisian, seperti pada aki basah. Oleh karenanya baterry ini secara umumdi sebut bebas perawatan (maintenance free) dan umur batrrey tahan lama.

pada saat ini sepedah motor pada umumnya sudah memakai jenis aki kering, dan sangat jarang atau tidak ada yang mengunakan aki jenis basah.

Berikut adalah tips  untuk merawat aki motor.
Perhatikan Penggunaan Aksesoris Pada Motor.
Hal pertama yang harus di lakukan adalah lebih kepada cara penggunaan motor sendiri. harus diusahakan untuk tidak menggunakan aksesoris yang tidak penting dan berlebihan pada motor, terutama pada perangkat-perangkat yang menggunakan tenaga listrik. misal seperti memasang lampu-lampu aksesoris sebagai hiasan, atau mengubah model klakson motor yang tidak sesuai dengan standar dari pabrikan.

Hal demikian memang sangat sederhana tapi justru hal-hal sederhana ini yang akan akan membuat  aki menjadi cepat rusak karena kelebihan beban yang di terima.

stop menggunakan elektrik stater secara terus menerus
jika motor susah untuk di hidupkan, usahakan menggunakan starter kaki (engkol) sebagai gantinya. elektrik stater yang menggunakan aki sebagai sumber tenaganya, sebenarnya dirancang untuk mempermudah menghidupkan sepeda motor,

menghidupkan mesin motor untuk pemanasan kurang lebih 15 menit sebelum motor di gunakan. 
Pada bagian dalam aki terdapat dua pasang plat, masing-masing plat memiliki kutub negatif dan positif. yang terbuat dari kalsium timbal. Dengan bantuan silikon atau kiprok sejenis Diode Bridge yang menyuplai arus listrik ke aki, plat ini akan bereaksi dengan cairan asam sulfat dan menghantarkan arus listrik menuju komponen kelistrikan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, sel yang berada di dalam aki akan menjadi rusak. Maka untuk mengatasinya, harus menyalakan memanaskan motor minimal 15 menit setiap harinya.
yang haru diingat, biasakan gunakan starter kaki untuk menghidupkan motor dan jangan pernah memaksakan menggunakan elektrik stater,

Pada waktu mematikan motor, usahakan agar komponen kelistrikan lainnya seperti lampu kepala & sen dalam posisi mati. Hal ini bertujuan supaya pada saat motor akan dihidupkan kembali, pemakaian aki yang dibutuhkan tidak terlalu berlebihan.

Dengan menggunakan komponen kelistrikan sepeda motor secara bersamaan pada saat mesin motor hidupkan, akan mengurangi kestabilan arus listrik pada motor.

Selalu melakukan pemeriksaan rutin terhadap cairan aki,
untuk menghindari elemen dan kisi-kisi di dalam aki hangus. Usahakan agar tidak melebihi batas atas dan bawah yang tertera. Jika sudah mendekati batas bawah, segera tambahkan cairan air aki tambah ke dalam aki hingga batas upper level atau batas atas. hati-hati jangan sampai cairan aki (accuzuur) terkena kulit, mata, atau pakaian. cairan aki akan membakar benda-benda yang di kenainya.

Periksa kondisi terminal-terminal aki.
kencangkan baut pada bagian sambungan terminal dan pastikan tidak ada kebocoran pada bagian sambungan atau katup terminal aki.
Kebocoran aki akan sangat berbahaya bagi motor dan keselamatan, terutama sifat cairan asam sulfat yang dapat mengikis logam atau karatan dan mudah terbakar. Selain itu, adanya kelonggaran pada bagian sambungan aki akan menyebabkan timbulnya kerak putih yang dapat menghambat proses aliran listrik menuju aki.

Apabila pada saat diperiksa ternyata sudah terdapat kerak putih, segera basuh dengan air panas dan gunakan sikat kawat untuk membersihkannya. Bila perlu, dapat juga menggunakan bantuan cairan WD40 untuk mengatasi kerak yang susah dibersihkan secara manual.pasang kembali konektor dan lapisi dengan gris atau gemuk.

Periksa kodisi silikon (kiprok) atau dalam bahasa teknik regulator rectifier, dalam kondisi bagus dan pada soket-soket tidak patah atau belipat.
Komponen ini bertugas sebagai regulator untuk menyuplai listrik ke dalam aki terutama pada tahap pengisian. Jika terdapat indikasi seperti lampu motor yang redup atau menyala dengan tidak stabil, ada kemungkinan salah satu penyebabnya terletak pada kiprok yang mulai rusak dan harus segera diganti.

kadar air batere adalah;
  • kondisi full charget 1.27-1.29. 
  • kondisi low charget 1.23-kebawah. 
pemeriksaan berat jenis cairan batere. jika perbedaan kadar cairan batere di antara masing-masing sel berkisar 0,01 maka lakukan penyetruman, tetapi lebih dari angka di atas, aki harus di ganti. 
perubahan kadar cairan aki, terjadi setiap 007 pada setiap 10 derajat C oleh karena itu perhatikanlah hal- hal tersebut pada saat pengukuran. 
pada saat membaca hasil pengukuran pada hydrometer harus tegak lurus,sehingga permukaan cairan aki atau batere terihat pada posisi mendatar dan rata. 

Rabu, 17 Februari 2016

Cara merawat melepas memasang busi motor


busi sepeda motor merupakan perangkat pengapian yang bertugas memercikkan bunga api listrik di dalam ruang bakar. Api yang dihasilkan dari busi inilah yang membuat mesin menjadi hidup dan menyala.bisa dibayangkan , jika busi motor ini berkerak dan akhirnya bermasalah, maka sudah dapat dipastikan bahwa motor tidak akan hidup“mogok”, ngadat. Mungkin kita bertanya-tanya, kenapa busi motor bisa berkerak?


Ada beberapa hal yang membuat busi motor menjadi berkerak
  • campuran bahan bakar terlalu boros atau boros. 
  • Pembakaran bercampur dengan oli. 
  • Sistim di ruang pembakaran bermasalah.
Membersihkan busi pada motor sebenarnya bukan menjadi hal yang sulit. Hal ini bisa dilihat, bahwa sebagian besar pemilik sepeda motor pernah membersihkan sendiri busi motornya. Bagi yang belum pernah membersihkan busi sendiri, saye berikan sedikit tips.



tips membersihkan busi motor
lepaskan tutup kepala busi dan keluarkan busi. 
periksa kutup-kutup elektroda busi secara visual terhadap keausan.ganti bila terdapat keausan atau isulator retak. 
bersihkan kerak-kerak pada busi dengan sikat kawat atau pembersih khusus. 
kutup tengah (positif), harus mempunyai ujung-ujung yang tegak lurus. dan kutup samping (negatif) harus mempunyai ketebalan yang konstan. 

lalu bagaimana cara membersihkan busi sepeda motor dengan tepat dan benar? Cara membersihkan busi sepeda motor yang benar yaitu menggunakan sikat kawat yang sebelumnya sudah dilumuri menggunakan bensin. Membersihkan busi motor dari kotoran dan kerak menggunakan sikat kawat memang lebih memakan waktu dan membutuhkan kesabaran. Namun hasil yang didapatkan akan lebih maksimal, ditambah lagi cara membersihkan busi sepeda motor dengan sikat kawat ini dapat membuat busi motor tetap awet. Oleh karena itu cara membersihkan busi motor dengan sikat kawat, adalah cara yang terbaik.

pemeriksaan jarak letikan bunga api busi.
Setelah membersihkan busi motor dari kotoran, kini saatnya kita untuk mengetes pengapian busi. hubungkan kembali busi ke kabel coilnya kemudian tempelkan kemesinnya. putar kunci kontak pada posisi ON,stater kaki di injak berulang-ulang .
lihat api pada kutup busi, Jika bunga api atau percikan api yang dihasilkan sudah terbilang normal yaitu percikan api besar dan berwarna biru busi dalam keadaan baik, maka proses membersihkan busi sudah selesai.

Namun jika percikan api kacil dan merah berarti kondisi busi sudah lemah. Untuk perawatan busi, sebaiknya ganti busi setiap 10.000 Km atau sesuai dengan keadaan motor kita.Jangan hanya fokus pada busi, karena kabel busi yang sudah lama tidak diganti juga dapat menyebabkan kerja busi menjadi tidak maksmial.

Kondisi pemakaian busi dapat di deteksi dengan melihat warnat isulator:
  • Gelap kecoklatan muda, menunjukan kondisi bagus. 
  • Warna putih coklat sangat muda, menunjukan pengapian tidak tepat atau miskinnya campuran bahan bakar dengan udara. 
  • Hitam pekat bekerak, pembakaran bercampur dengan oli. 

Penyetelan jarak elektroda busi. Setel dan periksa jarak antara elektroda tengah dan samping dengan feeler gauge. atau kira-kira tidak terlalu rapat dan tidak terlalu renggang.
Jarak standar renggang elektroda busi:
  • Tipe bebek 0,6-0,7 mm. 
  • Tipe sport 0,8-0,9 mm. 
Bila jarak tidak sesuai dengan standar bengkokan elektroda samping untuk menyesuaikan. 

Cara pemasangan untuk mencegak kerusakan pada silinder head :
Pasanglah busi dengan tangan dulu, kira-kira satu sampai dua putaran. Baru memakai kunci untuk mengencangkan, kira-kira 1/4 putaran setelah sealing washer atau reng menyentuh lubang busi. Hindari pemasangan busi dengan torsi pengencangan yang berlebihan. 

INFORMASI SERVIS
  • Bersihkan sekitar dudukan busi dengan udara bertekanan, sebelum melepas busi dan pastikan tidak ada kotoran masuk keruang bakar. 
  • Pastikan tidak ada kotoran pada dudukan busi, pada waktu sebelum memasang busi.

Selasa, 16 Februari 2016

ROM LENOVO X3 for ANDROMAX C3s

Assalamualaikum wr wb.

hai sobat? amatnewbe akan berbagi link rom lagi nie kali ini rom LENOVO X3 buat AC3 kalian. Rom yang satu ini amatnewbe rasa sobat pelu mencobanya karena terdapat fitur yang menarik yang disediakan pada rom ini.penasaran nie amatnewbe akan kasih esesnya ngak banyak ntar naksir lagi ama nie rom soalnya smooth dan elegan sih ... MAU lihat kebawah aja ... :v

Screenshot


Fitur :
  • Smooth
  • Elegan
  • Tampilan Lenovo X3
  • New system ui
  • Icon bullet
  • Ram lega
  • DLL

Bagaimana sobat menarik bukan dari penampilanya saja amatnewbe sudah ingin mencobanya bagaimana dengan sobat. apabila sobat ingin merasakanya juga langsung download bahanya dibawah.
BAHAN

[BACKUP-BACKUP-BCKAUP]

INSTAL :
  1. Masuk ke mode Recovery
  2. Lakukan 3 wipe
  3. Wipe data, cache, dan dalvike
  4. Instal from sdcard
  5. Pilih Rom yang sudah sobat download tadi
  6. Tunggu prosesnya sampai selesai
  7. Dan Reboot
Coba sobat rasakan bagaimana memakai Custom rom ini. apakah dirasa enak ?
apabila sobat menemukan masalaha pada rom ini silahkan sobat tinggalkan komentar dibawah dan kita selesaikan bersama-sama ke :) 

Mungkin sekian Postingan amatnewbe  untuk Custom rom "Lenovo X3" semoga sobat suka dan jangan bosan-bosan untuk mampir ke blognewbe. terima kasih telah berkunjung.

Tambahan :
thanks to :
  • Allah swt
  • nabi muhammad saw
  • madd
  • groub andromax c3s
  • all member groub AG2
Wassalamualaikum wr wb.