Diantara Christmas, Cocos atau Diego garcia, mana yang jadi pangkalan militer utama amerika ?

Author : UnknownTidak ada komentar

Diantara Christmas, Cocos atau Diego garcia, mana yang jadi pangkalan militer utama amerika ? dari judulnya saja sudah begitu panjang dan pastinya penuh dengan teka teki yang sangat membingungkan apalagi diselimuti strategi perang tingkat tinggi yang sangat berat untuk dipahami pihak militer level bawah apalagi orang awam. padahal amerika memiliki 8 pangkalan militer utama dan 7 diantaranya berada di luar negeri.


salah satu missile antar benua


Pangkalan militer utama amerika di selatan asia dapat diketahui jika kita melihat dari sejarah. dimulai dari saat perang dunia kedua dimana jepang menguasai samudera pasifik hingga samudera hindia dan memblokade jalur perdagangan di selat malaka, selat sunda dan semua kepulauan oceania di pasifik. dengan meletakkan artileri berat di beberapa pulau strategis terbukti mampu menghadang serbuan sekutu dari udara dan laut. ditambah lagi dengan dukungan u boat ( kapal selam jerman ) yang sangat efektif merusak formasi musuh.


 


Pangkalan militer utama amerikamemiliki persyaratan yaitu aktif sepanjang tahun dengan pergerakan makro. latihan dan mobilisasi logistik. seperti perang dunia ke dua. faktor landasan terbang pesawat tempur dan kedalaman laut minimal di pelabuhan menjadi faktor kunci. meskipun hal itu sudah berkurang level " wajib " nya. namun tetap saja penting karena panjang landasan akan menentukan pesawat apa yang bisa mendarat. apalagi pesawat cargo membutuhkan landasan super panjang yang tidak terakomodasi kapal induk.



Dengan melihat kegiatan yang ada, maka kemungkinan besar cocos island dan christmas island hanya dijadikan pulau pendukung dan penempatan artileri berat. sedangkan Diego garcia island menjadi pangkalan utama militer amerika untuk operasional di selatan benua asia. apalagi letaknya yang tepat ditengah. dapat menjangkau afrika bagian timur, asia selatan dan timur tengah, asia tenggara. dalam pengambilan foto dari atas, terlihat bangunan logistik mulai dari kilang BBM, pergudangan, hanggar, pelabuhan dengan kedalaman sedang. sedangkan di Cocos island sudah terlalu banyak pelancong dan wisatawan, sedangkan di Christmas island yang merupakan pulau bekas tambang phospat bukanlah lokasi ideal untuk penempatan pangkalan militer karena debu phospat membuat biaya perawatan alat perang menjadi bertambah besar.


 aktivitas harian di pangkalan militer diego garcia



Dimana pangkalan militer utama amerika pasti disitulah fokus pergerakan pasukan dan alat perang amerika. meskipun ada pangkalan militer dengan prajurit yang berdiam disitu belum tentu akan menjadi pangkalan militer utama. seperti pangkalan militer di Philipina, Jepang dan Korea selatan sangat kecil kemungkinan untuk menjadi pangkalan militer utama. ibaratnya pangkalan militer utama itu seperti ratu semut yang berbadan besar dan bergerak lambat, sehingga tidak mungkin ditempatkan di daerah yang rawan shock attack. pangkalan garis depan selalu dilengkapi pasukan pemukul reaksi cepat dengan dukungan alat perang terbaiknya.


Diego garcia memiliki hanggar pesawat yang mampu menampung pesawat pengebom jarak jauh dan juga pelabuhan yang bisa digunakan untuk kapal induk merapat ( jika terjadi kerusakan parah ). selain itu dari kamuflase bentuk bangunan yang memang memiliki ciri khas militer amerika. terlihat triangle spot yang menjadi launcher missile jelajah benua yang bisa menjangkau seluruh kota di bumi dan rudal tersebut bisa ditambahkan nuklir diujungnya. tentu saja meriam yang dapat menangkis serangan dalam jarak 40 - 100 km. dimana serangan masih luput dari cegatan pesawat tempur.


letak diego garcia island



Pangkalan militer utama amerika memiliki kekuatan setara sebuah negara dengan rangking negara rangking 45-50 GFP. dan selain di diego garcia masih ada 7 titik lagi di dunia. yaitu ; di kutub utara, di kepulauan hawaii, di philipina, di Djibouti afika timur, di israel, di jerman dan terakhir di North carolina amerika bagian timur. dari ratusan pangkalan militer hanya ada 8 pangkalan militer utama yang dioperasikan oleh amerika dengan maksud untuk memukul lebih dahulu semua kemungkinan serangan yang akan menuju jantung daratan amerika.


Pangkalan militer utama amerika hanyalah pengulangan dari kekaisaran romawi yang membagi pasukannya menjadi beberapa legiun yang membawahi sebuah wilayah. kekaisaran amerikapun menganut hal serupa. jika dahulu romawi menitik peratkan kepada pasukan darat dengan dukungan kereta kuda yang banyak dan tangguh. maka amerika menitik beratkan penguasaan lautan dengan penyebaraan kapal induk. karena pergerakan armada laut tidak secepat armada udara. dari celah tersebut, dibutuhkan pangkalan militer utama untuk mendukung penyerangan dan juga sebagai markas pertahanan jika armada laut mengalami kekalahan.


 kamuflase missile launcher di diego garcia



Pangkalan militer utama dibentuk juga berdasarkan sejarah pertempuran dengan jepang saat menyerang pearl harbor dengan menggunakan landasan terbang dari kapal indukdan kembalinya tidak ke kapal induk melainkan langsung ke daratan jepang. boleh dibilang sebenarnya itu misi bunuh diri. banyak pesawat yang tidak bisa kembali ke pangkalan. seandainya jepang bisa memanfaatkan pulau pulau kecil di oceania sebagai pangkalan pendaratan sementara dan pengisian logistik. hal tersebut yang menjadikan strategi militer amerika untuk memiliki banyak pangkalan militer utama di luar negaranya sendiri.



Pangkalan militer utama dapat menghancurkan sebuah negara dan itu sudah terbukti dari peran Diego garcia island dalam koordinasi penyerangan di perang teluk 1 dan perang teluk 2. kemudian pembebasan afganistan dari taliban dan kini masih berada di diego garcia juga misi penumpasan ISIS di suriah dan iraq. jikapun amerika menginginkan indonesia dihancurkan adalah hal yang tidak sulit dilakukan. cukup mengerahkan kekuatan di diego garcia dan di Subic Philipina selatan. meskipun dalam sejarah amerika belum pernah menang dengan negara asia. baik di afganistan, korea, vietnam maupun di philipina sendiri yang menghasilkan kemerdekaan philipina.






Artikel Terkait

Posted On : Selasa, 16 Agustus 2016Time : 09.55
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]