Siapa sebenarnya penemu benua Amerika ?

Author : UnknownTidak ada komentar

Penemu benua Amerika sebenarnya menjadi penting karena memang dari terbukanya sebuah  kisah yang populer ini akan membuka banyak sekali sandiwara sejarah yang di rekayasa untuk kepentingan penguasa pada masa itu. namun tidak mempertimbangkan bahwa suatu saat bumi ini akan berubah dan semua informasi dapat diakses lebih jelas. fakta jelas terlihat dari peristiwa pemenggalan kepala galileo 100 tahun kemudian.






Penemuan benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492 oleh seorang nahkoda kapal dagang bernama cristopher colombus. seorang yang berasal dari kerajaan Genoa ( Italia ) yang merupakan salah satu kerajaan taklukan romawi. merupakan kota pelabuhan yang ramai dengan disinggahi oleh pedagang dari afrika utara, persia, yunani dan romawi timur. Colombus sendiri dipekerjakan oleh kerajaan castilia ( Spanyol utara ). jika sebuah misi perintis dan kapal yang digunakan bukanlah kapal cruiser berbadan besar. pasti sangat sulit untuk menjelajah samudera atlantik yang belum diketahui tantangannya ( jika itu memang misi pertama mereka ).




Penemuan benua amerika sebenarnya dimulai dari cerita penaklukan portugal dan spanyol selatan oleh kerajaan ummayyah ( Suriah ) sejak tahun 700 dan berkuasa hingga hingga tahun 1550. Selat Gibraltar yang membelah semenanjung Ilberia dan marocco ( daratan afrika ) menjadi super penting karena armada laut romawi harus melewati selat ini lebih dahulu sebelum mengarungi perjalanan dagang. jika selat ini dikuasai musuh romawi, maka akan sulit bergerak. pemerintahan islam beberapa kali melakukan uji coba perjalanan menembus samudera atlantik dan beberapa kali gagal bahkan seluruh awak dan kapal hilang. itulah yang kini muncul dongeng segitiga bermuda. setelah beberapa kali mencoba, akhirnya misi berhasil dan ditemukan daratan baru yang kini bernama negara kostarika dan negara honduras.




Penemuan benua amerika juga dipengaruhi oleh takluknya romawi timur atau yang dikenal dengan Konstantinopel. yang sekarang bernama kota Istambul ( Turkey ) pada 29 mei 1453 oleh sultan muhammad al fatih dari kerajaan Ustmaniyah dan pasukan bergerak ke barat menaklukan yunani dan kota pelabuhan Genoa pada tahun 1462 dan berlangsung hingga 1571 bersamaan dengan hancurnya kerajaan islam di spanyol dan portugal. negara pecahan romawi meneruskan misi yang pernah dilakukan semasa kerajaan islam spanyol. dan sejarah inilah yang dianggap sebagai penemu benua amerika pertama. faktanya bukan colombus yang pertama menginjakan kaki di benua amerika.






Mari kita urut cerita sebelumnya. sejak lama sudah terjalin misi perdagangan melalui produk barus ( kapur barus ) untuk mengawetkan mayat kerajaan farau ( firaun ), kemenyan dan rempah rempah dari maluku. puncak perdagangan pada masa koalisi 3 negara besar asia ( mongol china, moghul india dan majapahit nusantara ) dengan diutusnya armada barat hingga mencapai ilberia pelabuhan eropa barat tersibuk kala itu. di kota pelabuhan inilah terbuka cerita jika armada timur pernah menjelajah hingga bertemu daratan sangat luas yang penduduknya memiliki banyak sekali batangan emas. demikian juga dengan cerita dari para laksamana yang bercerita jika pernah dilakukan misi menembus lautan luas dan berakhir di daratan maha luas. dari sinilah mulai berkembang pendapat bahwa betul bumi itu bula. terjadi kesepakatan untuk penjelajahan bersama untuk membuktikan, ratusan kapal mulai bergerak mengarah ke timur menuju tumasik ( singapura ) untuk membawa pulang hasil perdagangan dan juga dimulainya misi penjelajahan bersama armada timur yang sudah berpengalaman menembus belahan timur nusantara. itulah koalisi global pertama terbentuk.




Pada musim berikutnya saat angin mengarah ke barat, sebagian armada tersisa berlayar menembus ganasnya ombak samudera atlantik dan diharapkan akan bertemu di daratan luas yang saat itu dipercaya sebagai tembok pembatas dunia. kedua perjalanan besar itu penuh rintangan dan hingga akhirnya kedua armada bertemu disebuah daerah yang kini di sebut tanjung horn dimana banyak kapal dari armada kedua yang terdampar dan terhempas. saat armada pertama mencapai tempat itu, sudah banyak awak kapal yang meninggal dan sakit. maka hingga kini celah sempit di tanjung horn masuk sebagai salah satu titik paling berbahaya bagi pelayaran. setelah konsolidasi, armada gabungan tersebut kembali ke eropa yang dengan pertimbangan banyaknya kerusakan armada kedua.






Awak kapal yang selamat mulai merencanakan  melanjutkan misi penjelajahan kedua dan dimulai dari selat ilberia menuju barat dan berhenti di tumasik. sehingga banyak awak kapal armada timur tumasik yang akhirnya menetap dan melanjutkan profesinya sebagai nelayan atau pedagang. sebagian lagi bekerja sebagai tukang kayu dan tabib penyembuh. hingga kini masih tersisa asimilasi budaya yang berasal dari budaya india, budaya china dan budaya nusantara. juga masih banyak keturunan india, china dan melayu yang tinggal dan menjadi warga sekitar pesisir barat eropa. perkembangan budaya ini memang hasil dari penjelajahan. seiring waktu, misi penjelajahan kedua tidak terlaksana dan mereka yang tertinggal menjadi penduduk tetap. 



Karena perubahan politik di eropa barat, dimana kerajaan islam tergeser dan juga kekaisaran asia yang juga mengalami gejolak. sehingga tidak diteruskan misi penjelajahan. setelah itu misi penjelajahan diteruskan oleh sempalan bekas kerajaan islam eropa. seperti spanyol, portugis dan italia. dari situlah dimulai rekayasa sejarah yang menyatakan bahwa colombus lah yang menemukan benua amerika. faktanya itu seperti seseorang yang naik sampan kecil dari pesisir jawa menuju pesisir kalimantan. misi penjelajah harus siap logistik, siap armada. apalagi menjelajah daerah yang masih baru dengan tanpa informasi. apalagi misi selanjutnya adalah keinginan untuk menguasai kekayaan emas yang dimiliki suku asli benua amerika. seperti peristiwa pembantaian suku aztec oleh Laksamana Hernan cortez.





Pecahan dari romawi barat mulai bangkit dan berkeinginan merdeka. dulunya memang dalam kekuasaan kerajaan islam dan dengan bantuan perancis dan didukung inggris dalam pembebasan spanyol dari tangan kerajaan islam. setelah lepas, mereka tidak mau kembali masuk wilayah romawi. namun juga tidak mau ikut kristen anglikan ( inggris ) atau kristen protestan ( perancis ). raja ferdinan yang katolik mencoba mencari pendapatan untuk kas kerajaannya dan tertariklah untuk menguasai daratan baru yang konon banyak sekali batangan emas disana. maka meluncurlah armada perang ke daratan amerika. sebagian lagi menuju nusantara untuk memperoleh hasil bumi yang lebih murah. berawal dari keinginan memperbaiki ekonomi kerajaan dan berujung dengan penjajahan daerah daerah baru yang sangat membelenggu. ratusan tahun asia dan amerika dijajah oleh spanyol, portugis dan juga diikuti oleh perancis dan italia.



Sedangkan armada inggris lebih menyukai masuk ke daratan afrika dan dilanjutkan menuju asia selatan seperti india dan srilangka. kemudian mejelajah hingga pesisir china dan asia timur seperti korea dan jepang. misi selanjutnya menuju samudera pasifik dan menemukan puluhan gugusan pulau hingga mencapai daratan amerika utara. pada tahap berikutnya inggris baru masuk ke asia tenggara dan menjelajah australia. dari semua daerah yang diinjak kemudian menjadi negara persemakmuran yang tentu saja sebagai bentuk penjajahan juga. pada masa itu asia sedang terpuruk sehingga tidak mampu berbicara banyak. asia hanya menjadi daerah jajahan yang tidak bisa berontak.





Secara history, seharusnya para pelaut nusantara lah penemu benua amerika, dimulai dengan mendaratnya armada timur yang berangkat dari tumasik menuju di sisi barat benua amerika dan saat mencapai daratan, perjalanan dilanjutkan dengan membagi 2 armada. sebagian menyusurinya tepian pesisir ke arah utara dan berujung di pelabuhan shanghai dan sebagian lagi menyusuri ke selatan hingga berkenalan dengan banyak suku seperti suku maya, suku inka dan suku astec. perjalanan terhenti pada titik perjalanan berupa celah sempit dengan ombak yang ganas. disitulah akhir dari penjelajahan dan armada memutar balik meneruskan perjalanan kembali ke nusantara. data perjalanan tersebutlah yang kemudian disatukan dengan informasi para laksamana kapal di kota ilberia spanyol.




Jika kini banyak yang percaya bahwa colombus adalah penemu benua amerika. itu adalah bentuk propaganda selama masa penjajahan bangsa eropa di seluruh dunia. begitu massive nya informasi ini di kemas setiap hari selama berpuluh tahun dan menjadikan generasi berikutnya mempercayai bahwa colombuslah penemu benua eropa. namun fakta mulai terkuak di era modern yang memiliki kebebasan informasi dan sharing pengetahuan. seperti banyaknya artefak gong dan piring china di peninggalan suku asli amerika atau kayu kayu bekas lunas kapal di pedesaan di selat drake tanjung horn chile. semua manipulasi sejarah akhirnya dapat di buka sedikit demi sedikit. semoga dimasa depan akan terbuka bagaimana besarnya nusantara pada masa lalu.







Artikel Terkait

Posted On : Minggu, 14 Agustus 2016Time : 13.08
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]