Author : UnknownTidak ada komentar
Kemajuan dunia grafik khususnya animasi 3d telah berkembang dengan sangat pesat. Telah banyak kemudahan-kemudahan dan feature-feature baru yang dikeluarkan oleh pihak vendor dalam upaya untuk semakin memikat konsumen/user dengan produk mereka. Ini tentunya menjadi nilai tambah bagi para konsumen dalam mengekplorasi ide kreatifitas dalam berkarya. Hal ini tentunya harus menjadi motivasi bagi siswa selaku insan yang bergelut dalam bidang multimedia untuk lebih serius dan tekun dalam mempelajari penggunaan software animasi 3d multimedia ini.
Buku panduan ini disusun dari berbagai macam sumber untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan mengaplikasikan kosep animasi dan pemodelan 3D dengan menggunakan Software 3ds max. Bahasan dalam buku panduan ini mencakup dasar-dasar modeling dan animasi 3 dimensi yang sederhana sebagai dasar bagi siswa untuk dapat melatih diri dalam mengeksplorasi ide dan kreatifitas mereka
Area kerja 3ds max
Area kerja 3ds max
1. Menu, berisi berbagai macam perintah dan fasilitas untuk memodifikasi model atau animasi yang kita buat. Prinsipnya hampir sama dengan menu-menu yang ada pada software pada umumnya.
2. Tool Reactor, berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk memasukan objek menjadi koleksi reactor. Atau dengan cara lain juga kita dapat lakukan dengan menekan Create > Helpers > reactor
3. Command Panel, berisi perintah- perintah atau parameter-parameter yang berkaitan dengan objek yang kita buat. Misalnya untuk menentukan banyaknya segmen yang ada dalam suatu objek, density, massa, efek gravitasi, dan banyak lagi yang lainnya. Dalam buku panduan ini, untuk memodifikasi atau menampilkan Command Panel yang berada di bawah biasa disebut rollout. Jadi nanti kita tidak lagi bingung dengan istilah rollout.
4. Viewport, merupakan area atau layar tempat kita mengerjakan animasi. Terdapat enam sudut pandang dalam animasi tiga dimensi, yaitu atas, bawah, kiri, kanan, depan dan belakang. Berdasarkan sudut pandang tersebut, dalam 3ds max terdapat 8 sudut pandang viewport, yaitu top, bottom, left, right, front, back, perspectift dan user. Viewport yang aktif ditunjukkan dengan warna kuning di pinggir viewport tersebut. Berikut adalah gambar tampilan viewport dalam 3ds max.
5. Main toolbar, dalam 3ds max terdapat tool yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam memanipulasi objek yang kita buat.
a. Undo berfungsi sebagai history pallete atau untukl kembali ke perintah sebelumnya.
b. Redo merupakan kebalikan dari undo
c. Select and link berfungsi untuk menghubungkan satu objek dengan objek yang lain sehingga ada sutu ikatan antara objek tersebut.
d. Unlink selection merupakan kebalikan dari link yaitu untuk memutuskan ikatan atau hubungan tersebut.
e. Bind to space warp merupakan fasilitas yang digunakan untuk menghubungkan suatu objek dengan efek tertentu, misalnya kita akan menghubungkan objek pale dengan efek air (Water).
f. Selection filter merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk menyaring objek apa yang akan dipilih.
g. Select object digukanan untuk memilih atau menyeleksi objek.
h. Select by name digunakan untuk memilih objek berdasarkan nama object tersebut.
i. Select and move digunakan untuk memilih dan memindahkan posisi objek.
j. Select and rotate digunakan untuk memilih dan memutarkan objek yang kita pilih tersebut.
k. Select and scale digunakan untuk memilih dan mengubah ukuran objek
l. Use center flyout digunakan untuk menentukan coordinate system yang akan mempengaruhi proses transformasi.
m. Mirror digunakan untuk menggandakan atau mencerminkan objek
n. Layer manager digunakan untuk mengatur layer
o. Curve editor digunakan untuk mengatur kurva dari objek yang kita buat
p. Material editor merupakan fasilitas untuk memberi material atau teksture pada objek yang kita buat
q. Render scene dialog digunkan untuk merender animasi atau model pada scene terpilih.
1. Time Slider dan tool-tool untuk navigasi
Selain terdapat main tool yang dapat mambantu kerja kita dalam viewport terdapat juga beberapa bagian lain yang terdapat dalam scene 3ds max yang perlu kita ketahui, yaitu :
a. Time Slider
Prinsipnnya sama dengan Timeline yang berada pada software pembuat animasi yang lain, yaitu untuk mengatur posisi objek dalam selang waktu tertentu yang ditunjukkan oleh keyframe. Bisa juga kita fahami fungsinya untuk melakukan perubahan animasi pada suatu objek.
Sebelum install software nya, pastikan komputer anda sesuai dengan spesifikasi minimal, untuk melihat nya klik di sini
Selanjutnya langsung download software dan crack nya di 3D max Full Crack
Cara install nya silahkan mengikuti langkah-langkah dibawa ini, enjoy!
1. Click to Install Autodesk Product
2. Use as Serial 666-69696969, 667-98989898, 400-45454545 066-66666666
3. Use as Product Key
4. Now click to Finish the installation & restart Autodesk Product
5. You have to Choose Enter a Serial option
6. When the ACTIVATION : it’s better to block outgoing traffic (faster and easier to activate)
7. Don’t click on the on the Activate button , first you have to
8. a) Disable Your network Card, pull the network cable out or block with firewall simply click on
9. close and click on activate again Or
10. b) Click on Activate and it will do an online check, simply click on close and click on activate again.
11. Choose option a or b.
12. Select I have an activation code from Autodesk
13. Once at the activation screen:
14. start XFORCE Keygen As Admin 32bits version or 64bits version
15. Click on Mem Patch (successfully patched)
16. Copy the request code into the keygen and press generate
17. Now copy the activation code back to the activation screen and click Next
18. Have fun
Artikel Terkait
Posted On : Kamis, 08 Juni 2017Time : 02.37