Mobil Ketek Khas Palembang

Author : UnknownTidak ada komentar

Mobil Ketek

Mobil antik jip Willys sampai kini masih banyak berkeliaran di sudut-sudut kota Palembang. Kendaraan sisa perang dunia II yang mirip angkot Jeepney di Filipina ini masih bisa ditemui di Jalan KH A Azhari sampai Plaju yang rutenya dari pasar simpang tiga 10 Ulu, juga di kawasan 7 Ulu sampai 1 Ulu dekat stasiun kereta api Kertapati dan sekitar Jalan Sosial di Km 5 Palembang sampai Lebongsiarang, Ilir Timur. Di tiga tempat itu, kepadatan lalu lintas bukanlah disesaki kendaraan mewah atau angkutan kota (angkot) merek terbaru, namun didominasi mobil antik jenis jip Willys.
Masyakat Palembang memberikan nama mobil ketek karena suara mesin mobil ini sangat mirip dengan mesin perahu ketek yang lalu-lalang di sepanjang aliran Sungai Musi. Pemiliknya bukan dari kalangan pengoleksi mobil antik, melainkan para juragan angkot yang dimiliki secara turun temurun.
Seiring pesatnya perkembangan pembangunan di kota Palembang. Keberadaan mobil ketek ini terancam punah. Hal ini disebabkan oleh tidak tersedianya onderdil hingga sulit untuk perawatan dan kalah bersaing dengan angkutan umum modern.
Mobil Ketek
Mobil Ketek
Mobil Ketek


Artikel Terkait

Posted On : Minggu, 14 Oktober 2012Time : 00.27
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]