Tokoh Kediri: Tan Khoen Swie penulis dan penerbit buku

Author : UnknownTidak ada komentar

Tan Khoen Swie? sopo kuwi?. Saya yakin wongkediri jarang yg tahu tentang Tan Khoen Swie. Secara tidak sengaja menemukan tokoh dari kediri lama ini lewat google. Secara singkat beliau adalah penulis sekaligus penerbit pada jaman penjajahan belanda. Punya toko Sorabaia di jl Dhoho.
Tan Khoen Swie (Wonogiri, Karesidenan Surakarta, 1883 – Kediri, 1953; disingkat TKS) adalah penulis dan penerbit buku (bernama sama) di Kediri pada paruh pertama abad ke-20. Buku-buku keluaran penerbit ini banyak menyebarluaskan hasil karya sastra Jawa modern pra-kemerdekaan dan ikut memperluas tradisi sastra Jawa tertulis yang baru mulai berkembang masa itu setelah dirintis oleh Ranggawarsita dan C.F. Winter di Solo pada awal paruh akhir abad ke-19. Sebelumnya, tradisi tulis sastra Jawa dilakukan dengan penulisan ulang. Sebagai contoh, versi-versi awal Serat Kalatidha (Ranggawarsita) dan Serat Wedhatama (Mangkunagara IV) disebarluaskan melalui penerbit ini.
Tidak diketahui banyak mengenai riwayat hidupnya karena TKS dikenal sebagai tokoh yang dianggap misterius. Masa kecilnya dijalani di Solo dan Wonogiri, sebelum kemudian ia mengadu nasib di Kediri. Selain sebagai penerbit ia juga berusaha dalam vulkanisir ban Dunlop serta memiliki toko kelontong yang dinamakan “Soerabaia”. Ia dikenal antikolonial. Sebagai tanda pernyataan ketidaksetujuannya terhadap penjajahan, ia selalu memanjangkan rambutnya hingga sebahu.
Bersamaan dengan wafatnya, riwayat usaha penerbitannya ikut tenggelam.

Artikel Terkait

Posted On : Kamis, 18 Oktober 2012Time : 18.50
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]