Meski Sering Dengar Namanya, Aska Baru Tahu Wajah Gus Dur Saat Lomba Mewarnai Karikatur

Author : UnknownTidak ada komentar

SEPUTARKUDUS.COM, BESITO – Di atas meja lipat sejumlah anak terlihat sibuk mewarnai gambar Presiden Indonesia keempat KH Abdurrahman Wahid. Dengan menggunakan krayon, mereka mewarnai sketsa Gus Dur lengkap dengan kacamata. Mereka adalah siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal (RA), yang sedang mengikuti lomba mewarnai pada kegiatan Haul Gus Dur ketujuh, Kamis (15/12/2016).
Siswa siswi TK dan RA mengikuti lomba mewarnai karikatur Gus Dur pada Haul Gus Dur ketujuh di Kudus. Foto: Imam Arwindra


Di antara peserta yang mengikuti kegiatan yang diselenggarakan yang diadakan Gerakan Pemuda Ansor, Fatayat, IPNU dan IPPNU Kecamatan Gebog, Kudus, yakni Aska Ainun Naim (5). Anak laki-laki berpeci bergambar Angry Birds tersebut mengaku baru pertama kali melihat sosok Gus Dur. Menurutnya dia mengetahui Gus Dur pernah menjadi Presiden Republik Indonesia dan seorang kiai yang tersohor, namun belum pernah melihat sosoknya. “Saya baru ini lihat gambar Gus Dur,” ungkapnya setelah selesai menggambar di ruang kelas MI Al-Khurriyah, Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kudus.

Siswa RA Al- Khurriyah 1 Besito terlihat mewarnai karikatur muka Gus Dur dengan warna coklat, rambutnya dengan warna hitam dan kaca mata dengan warna biru. Sedangkan pakaiannya diwarnai hijau dengan kerah warna kuning. Uniknya bibir Gus Dur diberi warna merah. Saat ditanya, mengapa bibirnya diberi warna merah, dia hanya membalas dengan senyuman.



Kordinator lomba Malihatul Isnaini (22) mengungkapkan, kegiatan lomba mewarnai dan menggambar diikuti siswa TK, RA dan MI di Kecamatan Gebog. Menurutnya ada 130 peserta yang mengikuti dengan pembagian 80 peserta lomba mewarnai dan 50 peserta lomba menggambar. “Untuk mewarnai dibagi menjadi dua kategori. TK dan RA sejumlah 30 peserta dan MI kelas satu, dua dan tiga sejumlah 50 peserta,” jelasnya.

Tema yang digunakan untuk mewarnai dan menggambar yakni sosok Gus Dur. Menurutnya, selain memperingati Haul Gus Dur ketujuh, pihaknya ingin memperkenalkan sejak dini sosok Gus Dur kepada anak-anak. Diakui, siswa-siswa yang mengikuti lomba terutama yang mewarnai tidak melihat saat Gus Dur masih hidup. Mereka hanya pernah mendengar Gus Dur pernah menjadi Presiden Indonesia, Bapak Pruralisme dan pemersatu umat. 



Namun, katanya, beberapa peserta masih ada yang belum pernah melihat sosoknya secara visual. “Sosok Gus Dur harus diperkenalkan sejak dini. Kami memperkenalkan melalui lomba mewarnai dan menggambar. Untuk menggambar diperuntukkan siswa MI kelas empat, lima dan enam,” tuturnya.

Selain kegiatan lomba mewarnai dan menggambar sosok Gus Dur, Panitia kegiatan bersama juga menyelenggarakan lomba menulis surat untuk Gus Dur dan menulis esai yang bertema semua tentang Gus Dur. Menurutnya, surat-surat yang ditulis siswa MTs dan SMP tersebut tentang isi hati, pandangan dan kekaguman dengan sosok Gus Dur. “Nanti surat-surat tersebut akan kita kirim ke keluarga Gus Dur,” tambah Qomarul Adib, Ketua Steering Commite (SC) Panitia Pelaksana Haul Gus Dur ketujuh.



Menurut Qomarul Adib, dalam rangkaian kegiatan juga ada bedah buku Peci Miring yang langsung dibedah penulisnya Aguk Irawan tanggal 18 Desember 2016. Selain itu, terakhir ada Ansor Loyal Club (ALC) tanggal 29 Desember 2016 di balai desa Besito. “Tema untuk ALC nanti tentang sosok Gus Dur,” tambahnya.


Artikel Terkait

Posted On : Kamis, 15 Desember 2016Time : 23.41
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]