6 kapal selam baru dari rusia penjaga indonesia

Author : UnknownTidak ada komentar

Pada maret 2016 lalu, menteri pertahanan indonesia Ryamizard ryacudu telah melakukan penandatanganan kontrak pembelian beberapa alat utama sistem pertahanan dengan Rusia, salah satunya adalah pengadaan kapal selam jenis Varshavyanka sebanyak 6 unit yang juga digunakan oleh armada laut hitam rusia.





Kapal selam ini disebut-sebut mampu mendeteksi target pada jarak tiga sampai empat kali lebih besar dibandingkan kemampuan deteksi musuh. kemampuan menjelajah hingga 400 mil dan juga daya tahan dikedalaman hingga 45 hari tanpa transit. menjadikan kapal selam proyek 636 ini sangat berbahaya bagi pertahanan musuh. ditambah lagi kemampuan stealth ( teknologi siluman ) yang menambah efek mematikan kapal selam proyek 636 ini. 







Rusia tengah mempertimbangkan kemungkinan pemasokan kapal selam non-nuklir Varshavyanka (Proyek 636) untuk Indonesia. Demikian hal tersebut diutarakan Wakil Direktur Layanan Federal untuk Kerja Sama Teknik-Militer Rusia (FSMTC) Anatoly Punchuk kepada RIA Novosti. "Negara-negara Asia-Pasifik menunjukkan minat yang stabil terhadap kapal selam disel-elektrik Proyek 636 Varshavyanka. Saat ini, kemungkinan pemasokan kapal selam tersebut tengah dipertimbangkan dengan pihak Indonesia," kata Punchuk. 







Kapal selam Varshavyanka adalah kapal selam jenis kilo generasi ketiga yang memiliki berat benaman 3.950 ton. Dengan bobotnya itu, kapal selam ini bisa melaju di bawah air dengan kecepatan 20 knot dan mampu menyelam sedalam 300 meter. Menggunakan mesin penggerak diesel elektrik yang lebih telah dimodifikasi agar halus getarannya. Varshavyanka juga dapat menampung hingga 52 orang awak kapal.




Varshavyanka dilengkapi dengan torpedo berkaliber 533 milimeter (sebanyak enam unit), bom, dan sistem rudal ‘Kalibr’. Kapal ini juga mampu mendeteksi target pada jarak tiga sampai empat kali lebih besar dibandingkan kemampuan deteksi musuh. sasaran yang bisa ditarget bisa berada di darat maupun di permukaan air. Atas kemampuan silumannya tersebut, kapal selam ini mendapat julukan ‘lubang hitam’ oleh NATO. 










Artikel Terkait

Posted On : Rabu, 26 Oktober 2016Time : 02.08
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]