Siswa SMK Assa'idiyyah 2 Kudus Iuran untuk Beli Sembako, Lalu Dibagikan pada Pengendara Sepeda di Jalan

Author : UnknownTidak ada komentar

SEPUTARKUDUS.COM, MEJOBO – Puluhan siswa bersarung dan berjas warna hijau terlihat berdiri di tepi Jalan Suryokusumo, Mejobo, Kudus, membawa bingkisan plastik warna putih. Merkea lambaikan tangan agar pengendara yang melintas berhenti. Saat pengendara yang kebanyakan bersepeda berhenti, bingkisan itu diberikan. 
smk assa'idiyyah kudus bagi sembako
Siswi SMK Assa'idiyyah 2 Kudus menciup tangan pengendara setelah memberikan sembako. Foto: Imam Arwindra


Mereka yakni siswa SMK Assa’idiyyah 2 Kudus yang tengah membagikan sembako kepada pengguna jalan yang melintas tak jauh dari sekolah mereka. Menurut Jennica Berlian Nisa (16), siswa SMK Assa’diyyah 2 Kudus sedang membagikan sembako, kegiatan itu diselenggarakan untuk memperingati Hari Santri Nasional. Bingkisan sembako tersebut berisi lima mi instan hasil dari iuran siswa dan guru. 

“Walaupun hanya mi instan, namun ini hasil iuran teman-teman. Ini untuk membiasakan kami bersedekah,” ungkapnya saat ditemui saat kegiatan berlangsung, Sabtu (22/10/2016).

Menurutnya, kegiatan ini pertama kali diselenggaran bersama siswa SMK Assa’idiyyah 2 Kudus yang juga santri di Pondok Pesantren Nashrul Ummah. Untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut Jennica bersama temannya tak bisa tidur sebelum hari pelaksanaan. Dia merasa khawatir kegiatannya tidak berjalan lancar. 



“Ya ini kegiatan pertama kali kami. Jadi ya khawatir kalau tidak berjalan lancar. Karena dari konsep dan lain-lain kami (siswa) yang menentukan, guru hanya memantau saja,” jelas dia yang masih duduk di kelas 11 SMK jurusan Tata Busana.

Jennica yang berasal dari Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, menuturkan, pihak sekolah dan pondok memang membiasakan santrinya untuk bersedekah. Walau hanya mi, menurutnya tidak masalah. Dia berharap sembako yang diberika memberi bermanfaat untuk orang lain. 

“Ini kan kami lagi membiasakan dari kecil. Semoga bisa terbiasa bersedekah,” tambahnya sambil tersenyum.

Wakil Kepala (Waka) Bidang Keagamaan SMK Assa’idiyyah Kudus Riyanto (30) menuturkan, kegiatan ini dilakukan siswa melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) secara mandiri. Menurutnya, jumlah sembako yang dibagikan 100 bungkus lebih. “Kegiatan ini untuk melatih santri supaya terbiasa bersedekah,” tuturnya.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan, menurutnya untuk penerima sembako sudah ditentukan, yakni para butuh tani yang biasa lewat di Jalan Suryokusumo. Menurutnya, buruh tani tersebut sering lewat jalan yang kebetulan dekat dengan lokasi sekolah dan pondok. “Yang kami kasih yang bersepeda. Karen juga faktor keamanan,” terangnya.

Kepada Seputarkudus.com dia menuturkan, pada momentum peringatan Hari Santri Nasional, santri diharapkan bisa berperan aktif dalam pembangunan Indonesia, melalui belajar dan mengimplementasikan ilmunya. 

“Nilai-nilai harus dipraktikkan. Semoga santri di SMK Assa’idiyyah dan santri di seluruh Indonesia bisa berperan aktif untuk Indonesia” tambahnya.



Artikel Terkait

Posted On : Senin, 24 Oktober 2016Time : 19.43
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]