Strategi Gajah mada sang penakluk dunia 2

Author : UnknownTidak ada komentar

Strategi gajah mada membuahkan hasil banyak kerajaan yang takluk dan berafiliasi membentuk imperium nusantara yang merupakan salah satu dari 3 kerajaan besar penguasa dunia pada saat itu. dengan aliansi untuk menahan agresi Mongol dan Mogul. membuat kedua kerajaan besar ( Mongol dan Mogul ) tersebut memilih untuk berdamai dan menjalin kerjasama sehingga pada masa hayam wuruk asia selatan dan asia pasifik menjadi wilayah paling aman dalam waktu yang lama. bahkan terjadi kolaborasi dalam meluaskan ilmu pengetahuan dengan membentuk armada penjelajah matahari terbit ( berakhir dengan menemukan pesisir daratan baru yang sangat asing yang sekarang bernama negara chile amerika selatan ) dan armada matahari ternggelam yang membuka perdagangan langsung dengan kekaisaran mesir dan kerajaan ethiopia dan kerajaan persia.





Strategi gajah mada memang luar biasa bahkan bisa disebut sebagai pembuka era globalisasi dimana semua negara dapat memiliki akses langsung kepada negara produsen dan juga kepada pembeli akhir. dahulu orang tapanuli harus menjual barus ( kapur barus untuk awetkan mayat ) ke pedagang tumasik yang dijual kembali ke pedagang gujarat dan selanjutnya ke pedagang persia baru sampai kepada pedagang mesir sehingga harga barus jauh lebih mahal dari harga emas. selain itu pedagang dari kerajaan romawi memiliki akses langsung untuk membeli pala dan cengkeh ke kerajaan ambon, kerajaan seram dan kerajaan penghasil rempah lainnya.



Strategi gajah mada pada masa penjajahan belanda memang dimatikan faktanya dan dibuat seperti dongeng agar tidak semua orang memahami bagaimana efek dari seorang gajah mada. pemikirannya mampu membuat dunia aman hingga puluhan tahun dan terjadinya aliansi 3 kerajaan besar asia yang mendominasi. jika orang mengenal tumasik sebagai sarang perompak, sesungguhnya itu adalah pelintiran sejarah karena 3 armada kerajaan besar dipusatkan di singapura dan bahu membahu menjaga keamanan asia dari ulah nakal para pedagang eropa (berkaca pada sejarah hongkong dan korea ), pedagang persia ( menyewa pembunuh bayaran dan merampas dagangan di kapal ) dan afika utara ( menculik banyak penduduk untuk diperjual belikan sebagai budak ).







Strategi gajah mada juga membuka penyebaran agama baru yang bernama kristen dan islam ke seluruh penjuru dunia. apalagi kisah perjalanan armada matahari terbit menjadi acuan para pengelana untuk menemukan dunia baru dan kelompok pertama yang berdagang hingga benua amerika berasal dari serikat dagang muslim gujarat ( dari wilayah kerajaan Mogul ). disusul kemudian oleh misi penjelajah yang kita kenal ( di paksa mengakui ) sebagai penemu benua amerika. fakta yang hadir seperti gamelan jenis gong yang dipasang di atas altar pemujaan suku maya dan suku inka menjadi bukti bahwa armada 3 kerajaan sudah pernah sampai ke benua amerika.



Strategi gajah mada menjadi banyak acuan bagi militer besar seperti Rusia, Inggris raya, Amerika serikat dan India. karena mereka sadar strategi gajah mada memang sangat bagus dan dapat dibuktikan dengan terbentuknya NATO dan Rusia ( Kekaisaran Tsar ) mampu bertahan hingga kini. sedangkan indonesia sebagai negara maritim masih meraba raba dimana nilai penting dari sejarah gajah mada sang penakluk dan semoga dapat menjadi panduan sejarah strategi militer indonesia. bagaimanapun namanya sang penakluk pasti akan muncul pro kontra sebagai bentuk efek dari akibat penaklukan dan rasa inferior dari daerah yang ditaklukan.









Artikel Terkait

Posted On : Jumat, 14 Oktober 2016Time : 17.13
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]