Protokol Protokol Dalam Jaringan Komputer - Cinta Networking

Author : UnknownTidak ada komentar

Pembahasan Protokol Protokol Dalam Jaringan Komputer - Cinta Networking 

Protokol Protokol Dalam Jaringan Komputer, Asslamualaikum…Selama Datang Di Blog Saya.Oke,Di Malam Ini Saya Akan Membagikan Suatu Pembahaas Artikel Sekaligus Memberikan Informasi Yang Yang Bermanfaat Bagi Semuanya.Pada Kesempatan Ini Saya Akan Fokus Pada Pembahasan Basic Basic Dasar Sertifikasi MTCNA.


Dan Sebelumnya Saya Telah Membagikan Artikel Tentang Basic Pertama Dalam Sertifikasi MTCNA Yaitu Model OSI Layer 7 Dalam MTCNA.


Malam Ini Saya Akan Membahas Dasar Sertifikasi MTCNA Berikutnya Yaitu Protokol Protokol Dalam Jaringan Komputer.

Baca Juga :

Model OSI Layer 7 Dalam Jaringan Dasar
Sejarah Jaringan Dari Duli Hingga Saat Ini
Cara Cara Mengakses Router MikrotikPembasan Subneting Dalam MTCNA
 Pembahsan IP Address, Port Number, Dan Mac Address

Langsung saja ke pembahasannya.







Protokol adalah suatu aturan atau ketentuaan yang sudah berlaku dan mendefinisikan fungsi fungsi yang di pakai di dalam sebuah Jaringan komputer.protokol ialah suatu aturan main yang menata atau  dan sudah tersusun untuk mengatur komunikasi antar beberapa komputer dalam sebuah jaringan sehingga komputer anggota dari jaringan dan komputer yang berbeda platfrom atau beda jaringan dapat saling mengirimkan informasi dan saling berkomunikasi juga saling terhubung satu sama lainnya.

Baca Juga :

Protokol Protokol Dalam Jaringan Komputer
Model OSI Layer 7 Dalm MTCNA

misalnya mengirimkan pesan, mengirimkan data, mengirimkan informasi dan fungsi lainnya yang sering digunakan di dalam sebuah jaringan yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan penerima supaya proses komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan benar  seperti di dalam model OSI layer 7. walaupun sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda atau pun berjauhan.


Fungsi dari protokol dalam jaringan ini umumnya di gunakan sebagai penghubung di dalam komunikasi data atau informasi bagi user, sehingga proses berlangsungnya pertukaran data atau informasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan benar tanpa ada gangguan apapun.

Mediatransmiter haruslah efisien dan cocok bagi user, media transmiter ini memiliki karakteristik diantaranya adalah :
  • Besar dari data yang dapat di tampung atau sering disebut juga dengan bandwith atau kecepatan download dan upload yang kita gunakan.
  • Daya yang dapat ditampung dalam protokol tesebut
  • Waktu yang ditempuh selama proses berlangsung

.
Dibawah ini adalah beberapa jenis protokol yang sering di gunakan dalam sebuah jaringan :

1. Protocol Ethernet

protokol Protocol Ethernet adalah protokol yang sering digunakan sampai saat ini, metode akses yang dipakai oleh Ethernet disebut dengan CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection). Adalah sebuah sistem yang dimana setiap komputer menunggu intruksi atau perintah memalui kabel sebelum mengirimkan data atau informasi melalaui sebuah jaringan, Kalau jaringan tidak sibuk dan tidah mengalami kendala apapun atau mengalami eror pada jaringan tersebut, barulah komputer tersebut akan menyampaikan informasi atau data secra cepat, Tapi jika suatu node lain sudah menyampaikan pesan melalui kabel, maka komputer tersebut akan menunggu dan akan mencobanya kembali setelah rute memeberi perintah dan mengijinkannya. Kadang ada 2 komputer yang mengirimkan pesan secara bersamaan. Jika kejadian seperti ini maka akan terjadi tabrakan data dan akan mengakibatkan gagalnya proses pengiriman data tersebut atau proses sampainya akan lambat

Baca Juga :

Pengetahuan Dasar TCP/IP Dalam MTCNA
Cara Instalasi Mikrotik RouterOS
.
2. TCP/IP 

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar dari komunikasi data yang dipakai oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data atau informasi dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam jaringan Internet secara satu persatu ataupu secara bersamaan. Protokol jenis ini tidak dapat berdiri sendiri, sebab, memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan jenis protocol yang paling banyak digunakan sekarang ini karena mudah digunakan dan mudah di pahami. Data tersebut diimplementasikan atau di gambarkan kedalam bentuk perangkat lunak atau software dpada sebuah sistem operasi yang di pakai dalam jaringan tesebut. Istilah yang diberikan kepada software ini adalah TCP/IP stack.

Protokol Ini dikembangkan pada akhir dekade 1970-an sampai dengan awal 1980-an sebagai protokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan dalam membentuk suatu jaringan yang luas khususnya jaringan WAN dengan pengelamatan yang di sebut ip address,ip addres ini di bagi menjadi menjadi 2 kategori yaitu IPV4 dan IPV6.

3. UDP

UDP (User Datagram Protocol) adalah salah satu protokol dengan lapisan transpor TCP/IP yang dapat mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa adanya koneksi (connectionless) antar host-host di dalam suatu jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP.

4. RTP

RTP (Real Time Protocol) yaitu  RTP yang dirancang untuk menyediakan fungsi-fungsi transport jaringan ujung ke ujung untuk aplikasi yang mengirimkan data secara real time atau secara langsung, Seperti misalnya data audio dan video, melalui layanan jaringan multicast atau layanan unicast.

5. FTP

FTP (File Transfer Protocol) adalah protocol yang sering digunakan untuk melakukan upload maupun men- download file yanng berukuran kecil maupun yang berukuran besar, keamanannya didasarkan kepada username dan juga password si penggunanya, tapi terkadang anonymous login juga sering diperbolehkan jahil dan mencoba memaksa menerobos masuk.

6. HTTP

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang sering dipakai untuk transfer halaman website, sebelumnya orang orang banyak yang sering memakai protokol Gopher. Akan tetapi Gopher hanya mendukung text saja dan tidak mendukung gambar maupun vidio dan audio, sehingga protocol HTTP seiring waktu berkembang dan bayak digunakan oleh orang banyak saat ini untuk kepentingan pembuatan halaman website.

7. DHCP

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yaitu jika mendapatkan suatu Cable-connection dengan menggunakan DHCP atau secara otomatis, maka akan mendapatkan IP yang berasal dari ISP yang memberikan pinjaman alamat ip atau DHCP. Jadi, protokol ini berfungsi untuk memberikan Internet Protokol (IP) secara otomatis bai si pengguna atau client dari sebuag ISP (internet serfice provider).

8. DNS

DNS (Domain Name System) adalah distribute database sistem yang dipakai dalam pencarian nama komputer (name resolution) domain suatu website di dalam sebuah jaringan yang mengunakan TCP/IP yang luas seperti internet. DNS juga dapat digunakan pada aplikasi yang terhubung ke jeringan Internet, misalnya seperti web browser ataupun e-mail, yang dimana DNS dapat membantu memetakan host name dan memperlihatkannya dari sebuah komputer ke IP address atau di sebut pengkonvrensi atau pengubah alamat domain htttp menjadi alamt ip address.

9. ICMP

ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah protokol yang memiliki tujuan yang berbeda dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna atu user.

10. IMAP
 
IMAP (Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses atau mengambil e-mail yang berasal dari server yang kita akses dalam sebuah jaringan internet. IMAP memungkinkan pemakainya untuk memilih pesan e-mail yang akan dia ambil ole kita, membuat suatu folder di server, mencari pesan dari e-mail tertentu, dan menghapus pesan e-mail yang sudah ada juga mengirim e-mail ke e-mail orang lain.

11. HTTPS

HTTPS (Hyper Text Transfer Protocol Secure) adalah protokol dengan versi yang sangat aman dari HTTP (Hypertext Transfer Protocol), protokol komunikasi yang berasal dari WWW (World Wide Web). Protokol ini ditemukan oleh Netscape Communications Corporation yang dipakai untuk menyediakan autentikasi dan juga komunikasi ter sandi dan penggunaan untuk orang banyak dalam komersi elektris dalam sebuah jaringan internet.

12. SSH

SSH (Sucure Shell) adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data secara aman antara 2 komputer dan tidak terganggu. Protokol ini dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh, mengirimkan file, membuat Tunnel yang terrenkripsi dan lain sebagainya. Protokol ini  memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan denga protokol yang sejenis seperti FTP, Telnet, Danrsh, sebab SSH mempunyai sistem Otentikasi, Otorisasi, dan juga  ekripsinya sendiri. Dengan begitu keamanan dari sebuah sesi komunikasi melalui bantuan SSH ini dapat menjadi lebih terjamin dan tidak mudah ditembus.

13. SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah suatu protokol keamanan data yang dipakai untuk menjaga pengiriman data web server dan juga pengguna situs web tersebut. Jenis dari SSL yang teraman bisa dilihat dari tingkat keamanan SSL, yang terletak di kekuatan enkripsi yang didukungnya (misalnya seperti 256 bit). Jika semakin besar tingkat enkripsi maka akan semakin sulit untuk dibobol oleh seorang hacker.


Nah Itu lah sedikit pembahasan artikel tentang pengertian protokol protokol dalam jaringan komputer dan semoga artikel ini dapat berguna dalam menambah ilmu pengetahuan sobat sobat semuanya.


Terima Kasih Telah Membaca Pembahaan Artikel protokol protokol dalam jaringan komputer Di Blog "cintanetworking",Tunggu Beberapa Artikel Terbarunya tentang basic basic dasar sertifkasi MTCNA.

wassalamualaikum Wr.Wb.

Jangan Lupa Baca Juga :

Fitur Fitur Yang Ada Di Mikrotik
Mengetahui Arti  Code Tipe Dan Seri RouterBoard Mirotik
Macam Macam Tipe Dan Seri RouterBoard Mikrotik
Sertifikasi Sertifikasi Yang Di Bawa Mikrotik
Sejarah Dan Perkembangan Mikrotik Dari Dulu Hingga Sekarang




Artikel Terkait

Posted On : Rabu, 12 Oktober 2016Time : 05.23
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]