Cara Cara Mengakses RouterOS Mikrotik - Cinta Networking

Author : UnknownTidak ada komentar

Pembahasan Cara Cara Mengakses RouterOS Mikrotik - Cinta Networking 

Cara Cara Mengakses RouterOS Mikrotik, Assalamualaikum ... Selamat Malam Sahabat Sahabat Semuanya Dan dimanapun sahabat berada. Pada hari ini pastinya saya akan membahas suatu artikel yang akan menambah ilmu bagi sahabat sahabat sekalian Sekaligus Memberikan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Semuanya.

Selepas di pertemuan sebelumnya saya membahas dan memberikan informasi mengenai Pembahasan Subneting Dalam MTCNA. Nahh Spesial di Sore ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang
basic basic dasar MTCNA.
 
Baca Juga :

Model OSI Layer 7 Dalam Jaringan Dasar
Sejarah Jaringan Dari Duli Hingga Saat Ini
Cara Cara Mengakses Router MikrotikPembasan Subneting Dalam MTCNA
 Pembahsan IP Address, Port Number, Dan Mac Address


Di hari yang mendung Ini Saya Akan Membahas Artikel Berikutnya Yaitu Cara Cara Mengakses RouterOS Mikrotik.

Langsung saja ke pembahasannya.




Dalam RouterOS Mikrotik, agar kita dapat mengakses atau masuk kedalam RouterOS supaya kita dapat mengatur setingan setingan dan mengkonfigurasi semua tool tool yang ada di dalam sebuah RouterBoard Mikrotik kita harus tau tata caranya, sebenarnya kalau kita sudah mengetahuinya sangat mudah sekali.

Sebenarnya Selain aplikasi Winbox yang sering banyak digunakan untuk mengakses RouterBoard Mikrotik, ada beberapa cara lain agar kita dapat mengakses RouterOS diantaranya :

1. Winbox
2/ Webfig
3/ CLI
    - Telnet
    - SSH
    - Serial Cable/Keyboard on PC
    - Winbox Terminal
4. API

Baca Juga :

Protokol Protokol Dalam Jaringan
Model OSI Layer 7 Dalam MTCNA

1. Winbox adalah suatu softeware atau aplikasi yang memudahkan seseorang dalam penggunaan untuk mengakses RouterOS Router Mikrotik.

Yang pertama, jika belum tahu menggunakan winbox bisa dicoba pada totorial di bawah ini.

Tambahan sedikit dari pengalaman saya jika kita ingin mengakses RouterOS dengan winbox atau dengan cara lain jika terjadi permasalahan atau tidak bisa masuk/eror sebaiknya kita cek terlebih dahulu :
 
-  Setingan IP address dan subnet mask pada PC/laptop kita
-  Matikan Ethernet Virtual boox/vmware (biasanya mengganggu dan menghalangi kita masuk RouterOS) atau juga ethernet lainnya yang dirasa tidak di pakai oleh kita
-  Atau matikan Windows Firewall

Aplikasi winbox bisa kita download dari situs resminya yaitu www.mikrotik.com secara geratis

  Untuk mengakses RouterOS bisa menggunakan Mac address atau IP address pada RouterBoard dengan default login : "admin" password kosongkan saja.

Baca Juga :

Pengetahuan Dasar TCP/IP Dalam MTCNA
Cara Instalasi Mikrotik RouterOS
 
2. Webfig, Webfig adalah suatu cara dengan memanggil alamat IP address Ethernet router mikrotik yang terhubung langsung denganPC/Laptop atau mengakses default yaitu IP 192.168.88.1 padaEthernet 1 jika belum melakukan konfigurasi IP address pada router mikrotik bisa dengan mengetikan pada browser http://<iprouter> lalu enter.



3. CLI (command line interfaces), dalm CLI kita dapat melakukan beberapa cara untuk mengakses RouterOS yaitu :

Baca Juga :
Cara Instalasi Menggunakan Netinstall
Fitur Fitur Yang Ada Di Mikrotik
 
- Menggunakan Telnet, Telnet adalah suatu aplikasi yang mirip dengan putty yakni untuk mengendalikan komputer server. tetapi Telnet sudah tertanam pada sistem operasi windows yaitu dengan membuka CMD (command prompt) dengan feature Telnet telah di aktifkan terlebih dahulu. catan Namun perlu diketahui, bahwa untuk penggunaan Telnet tidak dianjurkan karena kurang begitu aman untuk digunakan dalam jaringan karena sangat rentang dan mudah di tembus dan mudah di bobol.





- Menggunakan aplikasi atau softeware putty, aplikasi putty adalah suatu aplikasi yang di biasanyan digunakan seseorang untuk me remote komputer/PC server dari jarak jauh supaya tidak susah susah pergi ke servernya langsung. dengan mengetahi IP address dan port router mikrotik kita sudah bisa mengendalikan komputer/PC sever.




- Menggunakan Serial Cable/Keyboard on PC yaitu dengan menghubungkan Ethernet router mikrotik yang terhubung langsung dengan PC/Laptop yang sudah di install RouterOS. dan login "admin" password kosongkan saja dan enter.




- dan yang terakhir menggunakan Winbok Terminal yaitu dengan masuk terlebih dahulu pada aplikasi Winbox. pada tampilan awal RouterOS klik Terminal



Baca Juga :

Mengetahui Arti Code Tipe RouterBoard Mikrotik
Tipe Dan Seri Router Mikrotik
 
4. API, API adalah sebuah softeware atau aplikasi smarphone android yang memungkinkan kita bisa  mengakses dan mengkonfigurasi router mikrotik dari sebuah android mempermudah dan lebih simple untuk mengaksesnya. catatan  sebelum mengakses router lewat API kita harus pastikan kita mengaktifkan IP Services API nya.

Dengan mengetahui alamat IP address dan port router, Login/user name dan Password





Mungkin itu sedikit pembahasan artikel tentang Pembahasan Cara Cara Mengakses RouterOS Mikrotik dan semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan sobat sobat semuanya.

Terima Kasih Telah Membaca Pembahasan Artikel Di atas Di Blog "cintanetworking"
dan Tunggu Beberapa Artikel Terbarunya tentang basic basic dasar dalam sertifkasi MTCNA.


wassalamualaikum Wr.Wb.

Baca Juga :

Serifikasi Sertifikasi Yang Disediakan Mikrotik
Sejarah Dan Perkembangan Mikrotik

Artikel Terkait

Posted On : Jumat, 21 Oktober 2016Time : 04.46
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]