Membuat Rangkaian Power Supply Variable Beserta Layout

Author : UnknownTidak ada komentar

Cara membuat power supply variable beserta layoutnya | Seperti yang kita ketahui power supply artinya supply tenaga dalam suatu rangkaian elektronika. Untuk membuat power supply penyearah arus yang baik, dibutuhkan rangkaian yang dapat menekan ripplenya dengan baik juga. Yakni bisa dikenali dari penggunaan elko (Kapasitor Polar) dengan kapasitansi yang besar pula.

Namun kali ini saya akan membahas rangkaian power supply variable menggunakan ic LM 317 dan transistor TIP (yang saya gunakan transistor tip bertipe 31C). Nah untuk mengatur tegangan tentunya menggunakan resistor variable, hanya saja yang saya gunakan disini bukan potensiometer, melainkan menggunakan trimpot. Oke jadi berikut ini skemanya, silahkan amati dan pelajari.
skema rangkaian
Gambar 1. Rangkaian Power Supply Variable

Input rangkaian ini menggunakan arus AC kisaran 12-36 V AC (perkiraan saya). kelebihan rangkaian ini yakni dilengkapi dengan transistor tip yang membuat arus outputnya lebih baik. Yang perlu diingat sebaiknya kapasitor C4 dan C5 bisa anda ganti dengan kapasitansi yang lebih besar agar arusnya lebih bagus tanpa ripple yang berlebihan.

Anda bisa memodifikasi rangkaian ini sedemikian rupa, sehingga hasilnya akan bagus berkualitas, hehe :D Jika anda menggunakan arus yang besar saya sarankan diodanya diganti dengan amper yang besar pula, contohnya dioda tipe 5401. Jangan lupa untuk ic dan transistornya dipasangka heatsink.
Ooo.. ya ini bonus tata letak + layoutnya:
tat letak
Gambar 2. Tata Letak Power Supply Variable

Gambar 3. Penjaluran Power Supply Variable
Dari contoh layout yang telah saya berikan, saya menggunakan trimpot. Hanya saja jika anda ingin menggunakan potensiometer silahkan saja. ukuran pcb diatas yakni 5,3 cm x 4,9 cm. Jadi sekian postingan kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan saja di kolom komentar atau contact us. Terima kasih :)

Artikel Terkait

Posted On : Minggu, 08 Januari 2017Time : 01.48
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]