Membuat Rangkaian Saklar Dengan Sensor Suara Terbaru

Author : UnknownTidak ada komentar

Rangkaian Saklar dengan sensor suara 100% pasti bisa | Oke kali ini saya akan membahas mengenai skema rangkaian sensor suara, yang alias saya sendiri sudah pernah mencoba untuk membuatnya. Rangkaian ini menggunakan 2 buah IC sekaligus, yaitu IC NE555 dan IC4017. Yang dipadukan dengan menggunakan rangkaian amplifier.

Perlu anda ketahui saya sebelumnya sudah mencoba mencari rangkaian sensor suara yang lain dan hasilnya sangat mengecewakan. Karna rangkaian tersebut salah dan sudah banyak bereder diinternet akhirnya orang-orangpun membuatnya dan khirnya gagal! 

Kemudian saya berinisiatif sendiri melakukan percobaan dengan menggabungkan rangkaian penguat suara, rangkaian clock, dan rangkaian decade counter dan BERHASIL! Untuk itulah saya membagikan rangkaian ini agar kita semua bisa membuatnya tanpa harus takut gagal. Oke silahkan lihat dan pelajari skema berikut ini:

sensor suara
Gambar 1. Skema Rangkaian
Kalau nggak jelas yaa, diperbesar saja gambarnya. Jadi bisa dilah disitu saya mengguakan ic 4017 untuk memindahkan posisi outputnya. saya hanya menggunakan 3 buat output. Yang pertama LED merah, kemudian kalau kita keluarkan suara dekat mic condensernya maka gantian led biru yang aktif, dan kalau terdengar suara lagi maka, relay akan on begitu seterusnya.

Oh iya sensitivitas dari mic ini sudah saya atur sehingga suara yg terdektesi akan pas menurut saya. Jika pengen bisa diubah, ganti aja salah satu resistor yang mengarah ke mic dengan potensiometer, terserah ukurannya berapa.

     Baca Juga: "Rangkaian Amplifier 18 watt IC LA 4440"

Yang perlu diingat cara menggunakannya:
  1. Rangkaian ini menggunakan mic sebagai pendekteksi suaranya
  2. Jika rangkaian dihidupkan maka lampu led biru akan hidup, jika mendektesi suara, maka lampu led merah yang hidup, jika mendektesi suara lagi, maka relay akan on.
  3. Jika suara yang terdektesi terlalu banyak atau keras atau lama, maka rangkaian akan tidak stabil.
Bonus Layout+tata letak(sebagai panduan semata):
sensor suara
Gambar 2. Tata Letak

penjaluran
Gambar 3. Penjalura
Baik sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba bagi kalian yang ingin membuatnya. Oh iyaa jika ada masalah dalam proses pembuatan hubungi saja saya di contact us yang ada di bawah website saya. Sekian dan terimakasih :)

Status:
Berhasil diujicoba




Artikel Terkait

Posted On : Sabtu, 07 Januari 2017Time : 18.21
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]