Membuat Rangkaian Running LED Keren Dengan IC 4017

Author : Unknown1 komentar

Skema Rangkaian Running LED Unik Menggunakan IC 4017 | Oke, running led atau led berjalan ini adalah suatu rangkaian yang mampu membuat suatu led yang berjejer meyala secara bergantian. Komponen utama dari rangkaian ini adalah IC 4017 yang mampu membuat output berlogika 1 secara bergantian. 

Rangkaian ini juga menggunakan IC 555 sebagai pulsa atau penghasil gelombang kotak, sehingga frekuensi yang dihasilkan akan menentukan laju perpindahan logika di output IC 4017 tersebut. Nah.. mungkin anda akan bertanya, apa kerennya dari rangkaian ini sehingga saya menambahkan kata "keren" dijudul postingan ini.

Karena rangkaian ini menggunakan 30 buah LED yang setiap output IC 4017 diberikan 3 LED yang diparalelkan. Dan bukan hanya itu, susunan project running led ini memiliki pola kotak, sehingga led akan berjalan terus menerus tanpa henti, kecuali batrainya habis. Berikut ini saya sajikan skema rangkaiannya.
skema running led
Gambar 1. Skema Running LED Dengan 30 LED
Gambar diatas merupakan skema rangkaian dari project yang telah saya buat, rangkaian ini telah saya ujicobakan dan mendapat status berhasil, jadi anda tidak perlu takut mengalami kegagalan dalam membuat rangkaian ini, terkecuali ada kesahan dari anda sendiri. 

Input tegangan rangkaian ini sebesar 9 Volt DC, jadi anda bisa gunakan batrai 9 volt yang kotak itu. Perhatikan bagian input yang ada tulisan "INPUT". Nomor 1 menyatakan Ground dan nomor 2 menyatakan VCC dari rangkaian tersebut.

Rangkaian ini juga dilengkapi dengan potensiometer, sehingga anda bisa menentukan kelajuan pergantian LED pada rangkaian ini. Berikut ini saya akan berikan juga Tata Letak beserta penjaluran dari Rangkaian running led dengan 4017 dan IC 555 ini.
tata letak running led
Gambar 2, Tata Letak
Penjaluran Running Led
Gambar 3. Penjaluran Running LED
Jika anda perhatikan tata letak diatas, disana terdapat 3 buah jumper. Salah satu jumpernya berada dibawah IC dan bukan berada di penjalauran. Seperti yang saya katakan tadi, terdapat 30 buah LED yang saya susun secara kotak (square) sehingga akan ada 3 buah LED yang akan hidup di setiap output rangakain running led ini. Berikut gambar project yang telah saya buat.
project running led
Gambar 4. Project Asli
Terakhir, agar lebih memudahkan anda dalam pembuat silahkan saksikan video berikut ini yang telah berhasil saya buat dan telah saya upload di youtube. Sekian postingan hari ini, semoga bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba!

Bonus:


Status:
Berhasil diuji coba

Artikel Terkait

Posted On : Jumat, 13 Januari 2017Time : 00.35
  1. mas,
    klo clock 1 logic 1, Q1=1, clock 2 logic 1, Q2=1, dst. klo mau membuat cukup 4 setelah itu reset bisa ga kira2?
    trus speed maximal berpa yah?

    BalasHapus
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]