Rangkaian Sensor Ketinggian Pompa Air Otomatis

Author : UnknownTidak ada komentar

Cara membuat rangkaian sensor pompa air otomatis | Jadi seperti kita ketahui pompa air tentu sangat berperan penting dalam kehidupan kita, namun apa jadinya kalau saya merancang sebuah rangkaian yg dapat memudahkan kita untuk melakukan pekerjaan. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi akan kelupaan mematikan pompa air berkat rangkaian elektronika ini.

Bicara mengenai rangkaian, rangkaian ini menggunakan IC NE555 sebagai otak dari rangkaiannya. Rangkaian ini juga menggunakan 3 buah sensor yang terbuat dari kabel atau kawat yang kemudian akan disambungkan ke bak mandi, atau tempat penampungan air. Berikut ini saya sajikan, rangkaian sensor ketinggian pompa air.
rangakaian sensor pompa air
Gambar 1. Rangkaian Sensor Pompa Air
Nah..perhatikan komponen yang paling kiri, itu adalah sensor yang akan masuk ke bak air. Silahkan perbesar saja jika masih belum jelas rangkaian sensor ketinggian air untuk pompa air ini. Disitu terlihat ada angka 1, 2 dan juga 3. Setiap angka merupakan kabel atau kawat yang akan disambungkan bak air. Rangkaian ini memanfaat resistansi dari air itu sendiri, sehingga dapat bekerja.

Caranya seperti ini, Anda taroh kawat/kabel nomor 1 ke posisi paling dasar dari bak air. Kemudian taroh kawat nomor 2 diketingggian sekitar 20 cm dar dasar bak air. Sebenarnya terserah berapa, saya sarankan jangan terlalu jauh dari dasar bak air. Dan untuk yang kawat nomor 3 ditempelkan di ketinggian mana bak air akan terisi. Misalnya di ketinggian bak paling atas. Contohnya seperti ini.
kawat dibak
Gambar 2. posisi Kawat di Bak Air

*Cara Kerja
Jika rangkaian ini dihidupkan maka posisi relay akan on, sehingga pompa air akan aktif mengisi air hingga diketinggian nomor 3. Jika ketinggian air sudah diposisi ke 3 maka relay akan otomatis off sehingga menghentikan kerja dari pompa air. Namun jika ketinggian air berada dibawah posisi nomor 2, maka relay akan kembali on dan pompa air akan atif untuk mengisi air hingga batas nomor 3.

Rangkaian ini akan dapat bekerja jika diberi tegangan 9 volt DC. Jangan lupa gunakan juga relay yang 5 volt agar tegangannya pas. Oke sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda, dan Selamat Mencoba membuat rangkaian sensor pompa air ini!

Status:
Berhasil diuji coba

Artikel Terkait

Posted On : Selasa, 10 Januari 2017Time : 04.22
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]