Pengertian Dioda Zenner Beserta Hitungannya

Author : UnknownTidak ada komentar

Pengertian Dioda Zenner lengkap dengan rumus beserta hitungannya | Dioda zenner merupakan salah satu komponen pasif elektronika. Dioda ini bekerja sebagai penstabil tegangan dalam suatu rangkaian elektronika, terlebih dalam rangkaian regulator. Maksud dari penstabil disini adalah membuat tegangan di outuput menjadi tetap, namun dengan syarat tegangan input harus lebih besar dari pada tegangan output zenner.
dioda_zenner
Gambar 1. Dioda Zenner
Dioda zenner ini sendiri bentuknya sangat kecil namun pada umumnya dapat dikenali dari warna fisiknya yang keemasan. Bagian hitam yang diatas itu merupakan katodanya. Nah untuk memudahkan pemahaman kita mengenai dioda zenner ini, mari kita perhatikan rangkaian sederhana dioda zenner beserta dengan rumusnya berikut ini:
skema
Gambar 2. Rangkaian Penggunaan Dioda Zenner
Gambar diatas merupakan rangkaian sederhana dari dioda zenner, berikut keterangan:
D        = Dioda Zenner
R        = Resistor
Uin     = Tegangan Input
Uout   = Tegangan keluaran (output)

Dari gambar diatas berlaku persamaan:
rumus zenner

Perlu diingatkan juga bahwa dioda zenner digunakan dalam rangkaian secara paralel, artinya  sebuah sumber tegangan yang berubah-ubah yang dipasang sehingga mencatu-balik, sebuah dioda Zener akan bertingkah seperti sebuah kortsleting (hubungan singkat) saat tegangan mencapai tegangan tembus dioda tersebut. Hasilnya, tegangan akan dibatasi sampai ke sebuah angka yang telah ditetapkan sebelumnya (kata wikipedia).

Oke, sekian semoga bermanfaat!


Artikel Terkait

Posted On : Senin, 09 Januari 2017Time : 00.38
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]