Rangkaian Pengukur Suhu Otomatis IC LM35

Author : UnknownTidak ada komentar

Membuat Rangkaian Pengukur Suhu Menggunakan IC LM35 | Suhu merupakan kadar/tingkatan panas dinginnya suatu benda seprerti udara, karena itu untuk mengukur besaran suhu dapat menggunakan alat bernama termometer. Namun dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kita akan dimudahkan dalam mengukur suhu menggunakan rangkaian pengukur suhu otomatis menggunakan IC LM35.

Rangkaian ini menggunakan IC LM35 sebagai sensor suhu yang tegangan keluarannya sebesar 10mV per derajat selsius. Tingkatan suhu ini dibaca menggunakan IC LM3914 dengan indikator LED. Tiga pin IC memberikan output linear yang sama dengan 10mV per kenaikan derajat suhu. Dengan demikan IC ini dapat mengukur suhu antara -4 derajat samapai +110 derajat selsius. Berikut ini gambar skema rangkaiannya.
Rangkaian Pengukur Suhu
Gambar 1. Rangkaian Pengukur Suhu
Output dari IC LM35 akan diteruskan ke input IC LM3914. Rangkaian ini memiliki 10 keluaran (output) pada IC 3914 tersebut bertegangan rendah, sehingga tidak diperlukan resistor pada pemasangannya di setiap LED. Rangkaian ini juga terdapat 2 buah resistor variable.

VR2 berfungsi untuk mengatur sensitifitas dari keluaran IC 1, hanya saja jika sensitifitas tidak tinggi, maka penggunaan VR2 bisa diabaikan. Sedangkan VR1 berfungsi mengatur tinggi rendahnya dari indikator pada LED. Sehingga untuk menggunakan rangkaian ini, pertama pertama rangkaian diaktifkan pada suhu normal dan sensitiftias pada kedua VR diatur hingga LED 1 menyala dengan baik.

Rangkaian ini sendiri sudah saya ujicobakan dan mendapat hasil yang baik. Terbukti pada suhu yang dingin indikator menunjukan level yang rendah (biru atau hijau) sedangkan jika pada suhu yang sangat panas indikator LED akan menunjukan merah. Hanya saja perlu diperhatikan, batas toleransi suhu dari IC LM35 ini hanya sampai 110 derajat selsius.

Yang perlu diingat juga adalah, sensor yang dapat mengukur suhu ada pada IC LM35, sehingga dalam penempatannya, usahakan ditempatkkan ditempat yang paling luar atau tidak ditutupi oleh body rangkaian. Mungkin hanya sekian dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Status:
Berhasil diuji coba

Artikel Terkait

Posted On : Minggu, 15 Januari 2017Time : 01.30
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]