Rangkaian Amplifier OCL 150 Watt Beserta Layout

Author : UnknownTidak ada komentar

Cara Membuat Amplifier OCL 150 Watt Beserta Layout Design | Hehe, kali ini saya akan membahas mengenai ampli lagi, karna sebelumnya saya telah menulis Rangkaian Amplifier 18 Watt IC LA4440 Lengkap. Silahkan baca saja bagi yang mau baca. Rangkaian ini telah diujicobakan oleh saya sendiri, dan hasilnya berhasil 100% jika anda teliti membuatnya.
Ampli
Gambar 1. Amplifier

Oke jadi amplifier OCL atau osilator ini merupakan amplifier yang bunyinya sangat besar den jelas (ngebass). Saya sendiri sudah pernah membuatnya dan berhasil, ketika itu saya membuatnya dengan bantuan komputer pakek software eagle. Sebenarnya banyak versi mengenai rangkaian Amplifier OCL ini, tetapi secara prinsip sama saja mungkin hanya beda beberapa komponen.

Ragkaian OCL 150 W
Gambar 2. 2 Skema Rangkaian OCL
Nah.. Gambar diatas adalah contoh rangkaian OCL 150 Watt yang beredar diinternet. Sebenarnya rangkaian tersebut tidak stereo melainkan mono, hanya saja bagi yang sudah mengerti tentang ampli, akan sangat mudah sekali menjadikannya stereo. Oke gambar berikut ini adalah skema rangkaian, versi yang telah saya buat. Sebenarnya kurang lebih sih...
OCL 150 Watt
Gambar 3. OCL 150 Watt
Oke jadi itulah skema rangkaian amplifier OCL versi yang telah saya buat. jika kita lihat rangkaian ini menggunakan transistor jengkol yang besar itu, dan dilengkapi dengan resistor keramik sebesar 0,5 ohm 5 Watt. Tentunya jika anda akan membuatnya pastikan transistor jengkol itu harus dipasang heatsink, untuk meminimalisir panas yang terjadi.

Hal yang perlu diingat lainnya adalah catu daya tegangan. Memang rangkaian diatas tidak dilengkapi dengan regulator, alias regulatornya dibuat terpisah. Untuk tegangannya sendiri menggunakan tegangan DC 12-0-12 Volt. Perhatikan saja posisi input tegangannya.

Untuk menjadikannya rangkaian stereo tentu anda mungkin sudah tau. Yakni tinggal ditambah saja rangkaiannya menjadi dua, dan posisi ground sama-sama disambungkan saja. Untuk tegangannya sendiri tetap. Saya sarankan, ketika anda ingin membuatnya, buatlah secara stereo, jangan mono. Nanti kalau mutar lagu karoke hanya sebelah musik yg keluar tanpa vokal.

Tata Letak+Layout Amplifier OCL 150 Watt
Gambar 4. Tata Letak+Layout Amplifier OCL 150 Watt
Oke baik, sekian postingan kali ini mengenai rangkaian amplifier OCL 150 Watt beserta desain layoutnya. Semoga bermanfaat! dan dapat dimengerti dengan mudah. Jika memiliki pertanyaan atau saran dan kritiknya, silahkan tulis di kolom komentar atau cotact us.

Status:
Berhasil diujicoba


Artikel Terkait

Posted On : Senin, 09 Januari 2017Time : 07.38
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]