Mengapa Amerika memilih Trump

Author : UnknownTidak ada komentar

Banyak yang kaget dengan kemenangan Donald Trump dengan segala kontroversi atas pemikiran dan berbagai ucapannya. namun ternyata memang seperti itulah keadaan politik yang dibutuhkan oleh masyarakat. bukan lagi pemimpin yang penuh basa basi dengan pencitraan kesantunan. karena bagaimanapun amerika serikat masih menjadi panutan dalam sistem politik demokrasi. seperti saat dahulu barrack obama menjadi presiden pertama yang berkulit hitam. begitu besar penolakan pasar dan pelaku ekonomi terhadap obama, namun pada tahun kedua mereka berbalik mendukung mutlak dengan sistem ekonomi dan kebijakan birokrasi presiden obama.







kemudian apa yang membuat trump menjadi pilihan sulit, tidak hanya kepada pelaku ekonomi. namun juga sikap apatis diberikan oleh kolega di partai republik sendiri. sedangkan sebagian warga amerika menunjukan penolakan dalam bentuk demontrasi yang berlangsung hingga hampir 30 hari lamanya pada saat awal hasil pemilihan diumumkan. lalu apa yang menjadikan trump menjadi presiden harapan amerika 4 tahun kedepan.






1. pabrik vs pasar uang 


amerika menjelma menjadi pusat keuangan dunia dengan jumlah perputaran uang yang luar biasa besar setiap detiknya. namun pabrik setiap semesternya terus berkurang, menyisakan pabrik yang bertahan dengan mengutamakan robotik sebagai pengganti karyawan manusia. hal tersebutlah yang menyebabkan pengangguran meningkat tajam. para pengusaha memilih merelokasi pabriknya ke amerika selatan atau asia yang memiliki pengupahan yang lebih murah dan besarnya insentif untuk pengadaan alat produksi.



Trump memberikan ide untuk mencegah pabrik keluar dari amerika dengan berbagai insentif yang diberikan. termasuk pembebasan pajak hingga 10 tahun. jika ada pabrik yang tetap saja merelokasi keluar amerika, maka pemerintah amerika akan mempersulit masuknya produk yang dihasilkan pabrik tersebut untuk masuk amerika.






2. imigran vs warga asli 


jika negara lain memilih menerima imigran karena penurunan pertumbuhan penduduk ( seperti jepang, jerman dan italia ), berbeda dengan amerika yang setiap tahun penduduknya bertambah 0,9 % yang dikategorikan tinggi sebagai negara maju. namun ternyata nilai tersebut masih kalah dengan imigran yang masuk amerika. jika secara resmi hanya 0,2 %. namun imigran gelap bisa lebih dari itu. total imigran mencapai 1,1 % per tahunnya dan mayoritas dari perbatasan selatan.



Trump mencetuskan ide pembangunan tembok di selatan dan membuat marah warga mexico dan amerika selatan. namun memang harusnya seperti itu agar warga amerika dapat hidup dengan layak. karena dengan penyusutan lapangan kerja, sudah menyulitkan penduduk asli. dan sekarang harus bersaing dengan imigran yang mau digaji berapapun asal dapat untuk makan saja.







3. islamfobia dan islamisasi 


di negara yang sekuler seperti amerika, sangat sulit memperoleh data resmi mengenai agama warganya, namun dari meningkatnya jumlah jemaah sholat jumat dan konsentrasi warga pada perayaan idul fitri. terlihat jelas peningkatan warga yang memeluk agama islam dan mayoritas adalah mualaf. sedangkan dunia sedang mengalami krisis islamfobia yang disebabkan oleh kelompok islam radikal yang melakukan kekacauan keamanan di berbagai negara.


Trump memanfaatkan islamfobia sebagai bentuk penekanan terhadap tingginya warga amerika yang menjadi muslim, dari data diprediksi pada tahun 2040 penduduk amerika sepertiganya adalah muslim yang berimbas kepada konflik sosial dan kebudayaan, karena kehidupan sosial dan kebudayaannya merupakan identitas sebuah negara. dengan adanya pembatasan maka goncangan sosial budaya amerika dapat diperlambat.








4. dominasi militer amerika vs blok timur 


saat ini NATO disebut oleh pengamat militer hanya kumpulan orang kaya yang memilih membayar pengawal keamanan daripada belajar membela diri sendiri. saat ini amerika tidak lebih dari bodyguard anggota NATO. hal inilah yang ditertawakan oleh blok timur yang melihat amerika sangat kerepotan, jika ada 3 titik konflik bersamaan sudah membuat armada militer amerika kewalahan. belum lagi efek traumatik veteran perang yang menjadi masalah sosial di dalam negeri amerika.



Trump melihat hal ini sebagai kekonyolan dan meminta negara sekutu untuk bisa meningkatkan kemampuan bertahan. blok timur yang sudah berkembang pesat terutama kekuatan militer tiongkok menjadi ancaman nyata dan tekanan yang melunak ke rusia menjadi pilihan logis karena bagaimanapun rusia memiliki pengalaman militer lebih banyak meskipun amerika negara adi kuasa.








5. pelecehan wanita vs wanita rumahan


jika beberapa kali terjadi sentimen negatif tentang pandangan terhadap wanita yang terkesan sebagai bentuk eksploitasi seksual. bagaimana kelompok konservatif menyerang habis habisan kelakuan calon presiden amerika ini. kelompok konservatif atau yang sering disimbolkan sebagai wanita rumahan adalah kelompok minoritas yang lahir sebelum tahun 70an. sedangkan saat ini mayoritas gaya hidup dan lifestyle diwakili oleh baby dollar yang dewasa di awal milenium.



Trump melihat ini sebagai tes pasar dimana wanita amerika saat ini menganggap wajar seorang laki laki memuji pantatnya dan secara langsung mengajak kencan. ternyata hal tersebut dimaklumi oleh wanita generasi milenium dengan memilih trump sebagai presiden berikutnya. wanita wanita milenium sekarang menjadi pembawa identitas diri amerika yang liberal.










6. pajak vs tax heaven 


banyaknya pengusaha dan milyader amerika yang memilih menghindari pajak dan menyimpan dananya di negara negara tax heaven. menjadikan target pajak selalu moderat sedangkan bentuk ekonomi saat ini sudah berubah drastis dimana lebih banyak perusahaan digital daripada perusahaan fisik. dengan mempermainkan sistem distribusi keuntungan ke berbagai anak perusahaan yang berada diluar yuridiksi amerika, membuat perusahaan tersebut bebas dari kewajiban pajak.



Trump sudah sangat paham dan lihai mengenai hal ini dan menjadi kekhawatiran dari para pengusaha yang selama ini nakal. dengan terobosan yang masuk akal akan membuat tidak hanya dari dana yang terparkir diluar negeri masuk kembali. namun dana pengusaha negara lain akan tertarik dengan kebijakan pajak yang disodorkan presiden baru ini. amerika akan menjadi legal tax heaven country.








7.  palestina vs israel 


jika saat ini loby negara pro palestina sudah begitu solid sehingga bisa mendesak dilakukan pemungutan suara untuk menentukan resolusi PBB, meskipun seringkali perjuangan ini kandas karena veto dari amerika. sebenarnya baik itu israel maupun amerika memahami betapa pentingnya kekacauan di palestina dan ketegangan dengan negara negara disekitar israel. dogma tentang armagedon jika tanah palestina damai itu diyakini oleh yahudi, islam dan nasrani.



Trump dan pemimpin amerika sebelumnya percaya dengan doktrin dan dogma tanah palestina. perdamaian palestina tidak diharapkan dan untuk melanggengkan kekacauan jalan terbaik adalah memperluas wilayah kekuasaan zionis israel. dalam doktrin jika seluruh tanah palestina sudah dikuasai, maka israel tidak akan diam. pertikaian dengan tetangganya akan dilancarkan untuk menghindari perdamaian di tanah palestina.



 





Artikel Terkait

Posted On : Sabtu, 14 Januari 2017Time : 21.16
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]