Rangkaian Bell Cerdas Cermat 2 Channel 1 Hidup yang Lain Mati

Author : UnknownTidak ada komentar

Membuat Rangkaian Bell Cerdas Cermat 2 Channel 1 Hidup yang Lain Mati | Rangkaian bell ini tentunya sudah sangat tidak asing lagi bagi kita semua, terlebih salam suatu penyelenggaraan lomba cerdas cermat. Karna saya rasa rangkaian ini penting untuk anda ketahui dalam menyelenggarakan lomba cerdas cermat.

Tapi rangkaian yang saya sajikan kali ini tidak seperti yang biasanya kebanyakan orang pakai. Kalau biasanya ada regu yang memencet bel dan dalam waktu sesaat regu yang lain juga memencet maka 2 bell sekaligus akan nyala. Namun rangkaian ini tidak demikian, karena jika ada salah satu regu sudah memencet bell, maka regu lain yang berusaha memencet juga tidak akan menyala, karena rangkaian ini menggunakan relay yang terintegrasi satu sama lain

Silahkan ada perhatikan saja rangkaian diatas tersebut. Rangkaian ini menggunakan 2 buah relay sekaligus, sehingga apabila salah satu bell sudah aktif, maka bell yang lainnya akan mati wakaupun saklarnya ditekan. Rangkaian menggunakan relay 220 Volt AC, jadi berhati-hatilah membuat rangkaian ini.

Cara kerja rangkaian ini adalah jika saklar S1 ditekan maka aliran listrik akan masuk ke kaki 9 relay 1 dan akan diteruskan dan diteruskan ke kaki 1 relay 1 karena posisi relay NC. Setelah itu aliran listrik mengalir menuju kaki 14 relay 2 dan relay keduapun akan bekerja sehingga kaki 9 dan 1 relay 2 tidak akan terhubung. Sehingga ketika hal tersebut terjadi meskipun saklar S2 ditekan hal itu tidak akan bekerja.

Nah.. Yang harus diingat dalam pembuatan rangkaian bell cerdas cermat ini, dibutuhkan ketelitian dalam pemasangan bell dan lampu. Jangan sampai ketika saklar S1 ditekan malah bell yang berada di channel 2 yang hidup, hal ini mungkin akan terjadi karena kurangnya ketelitian karena sayapun sudah mengalaminya. Nah.. saya punya gambarnya agar lebih mudah memahami, hanya saja masih kurang jelas.
rangkaian cerdas cermat
Gambar 2. Rangkaian Aslinya
Berikut ini saya juga sediakan gambar layout dari rangkaian bell cerdas cermat 2 channel 1 hidup yang lain mati berikut ini:
tata letak dan layout
Gambar 3. Tata Letak + Layout
Perlu anda ketahui juga, rangkaian ini sudah saya ujicobakan dan hasilnya mendapat status berhasil dari saya sendiri. Kedua gambar diatas hanya sebagai pendukung untuk anda agar lebih meyakinkan bahwa rangkaian ini berkerja, anda bisa cek sendiri jika tidak percaya.

Rangkaian bell cerdas cermat 2 channel ini, alangkah lebih baiknya anda gunakan bell dan lampu sekaligus. untuk pemasangan lampu dan bellnya anda pasang secara paralel saja, biar tegangannya cukup. Sekian terimakasih, semoga postingan ini bermanfaat, selamat mencoba!

Status:
Berhasil diuji coba

Artikel Terkait

Posted On : Sabtu, 14 Januari 2017Time : 02.54
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]