Pengertian Resistor dan Fungsinya Dalam Rangkaian Elektronika

Author : UnknownTidak ada komentar

Apasih Sih Resistor itu? Nah kali ini saya akan menjelaskan mengenai resistor. Jadi resistor merupakan komponen pasif elektronika yang berfungsi untuk menghambat arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian elektronika. Arus yang seperti apa? yaa jelas yang dimaksud adalah aliran listrik yang dihambat atau dikurangi.
resistor
Gambar 1. Resistor

Analoginya begini kita anggap ada aliran air disuatu sungai. Nah semulanya aliran air ini berjalan dengan kelajuan tetap nah pada saat yg bersamaan ada batu besar yang menghalangi aliran air tadi sehingga membuat aliran tersebut tersendat atau macet. Seperti itulah analogi sederhananya resistor.

Perlu diketahui ada dua rangkaian resistor yakni rangkaian seri dan rangkaian paralel.


Terus min apa bedanya?
Nah bedanya rangkaian seri resistor berfungsi untuk membagi tegangan dalam suatu rangkaian. Sedangkan rangkaian paralel resistor berfungsi sebagai pembagi arus dalam suatu rangkain. Untuk lebih mudah kita lihat rangkaian berikut ini:

Gambar 1: Resistor Seri

Gambar 2 : Resistor Paralel

Baik, Sekian sampai disini dulu nanti untuk postingan selanjutnya, akan saya update lagi. :) Insya Allah kedepan saya juga akan membahas jenis jenis resistor, kemudian rumus dan hitungannya, dan juga efeknya dalam suatu rangkaian elektronika. :)



Artikel Terkait

Posted On : Jumat, 06 Januari 2017Time : 03.25
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]