Rangkaian Clock IC 555 Sebagai Pembangkit Pulsa

Author : Unknown1 komentar

Cara membuat rangkaian clock gelombang kotak menggunakan IC 555 | Rangkaia clock merupakan suatu rangkaian yang menghasilkan output berlogika 1 dan 0 secara bergantian dengan interval dan jeda waktu yang telah ditentukan. Sehingga sering disebut rangkaian penghasil gelombang kotak.

Rangkaian ini menggunakan IC 555 sebagai otak dari rangkaiannya, dan juga sering disebut dengan ic flip-flop. komponen lainnya dari rangkaian ini adalah resistor dan kapasitornya, dimana komponen ini yang akan menentukan frekuensi dari output rangkaian IC 555 ini. Berikut ini saya sajikan gambar rangkaiannya.
Input tegangan rangkaian clock ini adalah 5 volt. Untuk menentukan frekuensi keluaran dari rangkaian ini ada persamaan yang berlaku, dimana ada 3 variable yang sangat menentukan frekuensi keluarannya yakni, R3, R1, dan C1. berikut ini saya sajikan contoh penggunaannya yang saya ambil dari suatu situs elektronika.

Apabila nilai periode dari frekuensi keluaran rangkaian pembangkit pulsa ditentukan 2.35167 mS sesuai dengan waktu yang dibutuhkan oleh sebuah sistem atau alat ukur . Sehingga diperoleh nilai frekuensi yang diperlukan pada keluaran rangkaian pembangkit clock adalah 425,2297 Hz sesuai dengan perangkat atau sistem. Maka untuk mendapatkan keluaran rangkaian pembangkit clock dengan frekuensi 425,2297 Hz dengan periode 2,35167 mS tersebut dapat ditentukan dengan memberikan nilai resistor R3, R1 dan kapasitor C1 sebagai berikut. (http://elektronika-dasar.web.id/)

F= 1,44/(R3 x 2R1) C1

1,44 pada rumus diatas adalah tetapannya yang tidak boleh dirubah. Jadi jika anda ingin membuat rangkaian ini dengan frekuensi yang diinginkan, anda bisa mencoba rumus diatas. Sekian terimakasih, semoga postingan ini bermanfaat bagi anda.




Artikel Terkait

Posted On : Rabu, 11 Januari 2017Time : 21.48
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]