Rangkaian Alarm Sirine Menggunakan IC 555

Author : UnknownTidak ada komentar

Membuat Rangkaian Alarm Unik menggunakan IC NE555 | Rangkaian alarm ini bukan rangkaian sembarang alarm, karena suaranya yang dihasilkan sangat khas sekali mirip dengan suara sirine. Perlu anda ketahui rangkaian ini menggunakan 2 buah IC sekaligus. yang dimana setiap ic akan berperan mengatur frekuensi suara yang dihasilkan.

Rangkaian ini sudah saya ujicobakan, ketika itu saya membuat rancangan skematiknya menggunakan software Altium Designer kemudian saya pindahkan ke pcb dan melakukan pengetesan. Hasilnya berhasil dan suara yang dihasilkanpun sangat nyaring. Oke berikut saya sajika skema rangkaian Alarm Sirene dengan ic 555 atau ic ne555 ini.
Skema Rangkaian Alarm Sirine IC 555
Gambar 1. Skema Rangkaian Alarm Sirine IC 555
Silahkan dilihat dan pelajari. Rangkaian ini menggunakan supply tegangan DC 9 Volt. Ragkaian ini juga terdapat 2 buah variable resistor yang bisa anda gunakan, mau pakai potensiometer atau trimpot juga terserah. LED pada rangkaian ini berfungsi sebagai indikator frekuensi dari alarm tersebut, sehingga setiap denyut bunyi LED akan hidup.

Output suara speaker ini menggunakan jenis speaker yang menurut saya terserah, hanya saja ketika itu saya mencobanya dispeaker berdaya 5 Watt. Saya juga pernah menggunakan speaker salon yang besar dan suaranyapun juga makin besar. Rangkaian ini menggunakan potensiometer 10K ohm dan 50K ohm.

Saran saya jika anda ingin membuat rangkaian ini, untuk bisa teliti dalam membuatnya, jangan samapai ada komponen yang rusak seperti elko. Karena itu akan mempengaruhi bunyi yang dihasilkan. Untuk daftar komponen silahkan perbesar saja gambar yang ada tersebut.

Baik sekian terimakasih, semoga postingab ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau kesulitan jangan sungkan untuk menanyakannya kepada kami, melalui kolom komentar atau contact us. Selamat mencoba membuat rangkaian alarm sirine ic 555 ini.

Status:
Berhasil diuji coba

Artikel Terkait

Posted On : Rabu, 11 Januari 2017Time : 00.54
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]