Penegertian Kapasitor dan Fungsinya Dalam Rangkaian Elektronika

Author : UnknownTidak ada komentar

Pengertian Kapasitor dan Fungsinya dalam rangkaian elektronika | Kapasitor adalah komponen pasif elektronika yang berfungsi menyimpan muatan listrik yang kecil. Jadi bisa diibaratkan dengan baterai yang memiliki daya penyimpanan yang sangat kecil. Terdapat 2 Jenis Kapasitor berdasarkan kakinya yakni kapsitor Polar dan Kapasitor Nonpolar.

Kapasitor polar adalah kapasitor yang kedua kutubnya memiliki polaritas positif dan satunya yang negatif. Contohnya seperti gambar diatas. Sedangkan kapasitor non polar adalah kapasitor yang kedua polaritasnya tidak memiliki kutub alias dalam pemasangannya boleh dibolak balik.
Terus, fungsinya dalam elektronika apa?
Nah.. pada umumnya kapasitor digunakan untuk menahan ripple pada rangkaian catu daya. Sesuai fungsinya kapasitor menyediakan muatan listrik yang dapat memeberikan efek aliran listrik secara singkat tergantung nilai kapasitansinya (Farad).

Oke coba kalian beli kapasitor ukuran 100uF (Kapasitor Polar) kemudian hubungkan secara paralel kapasitor tersebut dengan sebuah LED. Ingat samakan polaritasnya positif kapasitor ke postif LED begitu juga sebaliknya. Kemudian pasangkan batrai dan lepaskan. Lihat efek yang terjadi pada led.

Led tadi akan mati secara perlahan dan tidak akan mati secara tiba-tiba. Nah inilah fungsinya kapasitor. Lagipun beberapa sifat kapasitor lainnya seperti menuruskan arus AC dan memblokir arus DC jika kapasitor dipasang secara seri dalam aliran listrik.

Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat! :) Nanti Insya Allah, saya akan memposting lebih dalam lagi mengenai kapasitor, seperti rumus, hitungan-hitungan, sifat-sifat, beragam jenis kapasitor, hingga mengukur nilai kapasitansi dan mengecek baik buruknya suatu kapasitor.

Artikel Terkait

Posted On : Jumat, 06 Januari 2017Time : 19.22
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]