Jenis Jenis Router - Cinta Networking

Author : UnknownTidak ada komentar

Pengenalan Jenis Jenis Router Pada Jaringan Komputer - Cinta Networking

Pembahasan Jenis Jenis Router - Cinta Networking,  Assalamualaikum ... Selamat Siang Sahabat Sahabat Semuanya Dan dimanapun sahabat berada. Pada Siang Hari ini saya akan membahas suatu artikel yang akan menambah ilmu bagi sahabat sahabat sekalian Sekaligus Memberikan Wawasan dan pengetahuan serta Informasi Yang Bermanfaat Bagi Semuanya. 

Selepas di pertemuan sebelumnya saya membahas dan memberikan informasi mengenai Model OSI Layer 7 Dalam Jaringan Komputer Dan Beberapa Basic Basic Dasar MTCNA. Nahh Spesial di Hari Yang Cerah ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Basic basic dasar Jaringan.
Dan Sebelumnya Saya Telah Membagikan Beberapa Artikel Tentang Basic Basic Dalam Sertifikasi MTCNA Yaitu :

Cara Cara Mengakses Router Mikrotik
Pembasan Subneting Dalam MTCNA
 Pembahsan IP Address, Port Number, Dan Mac Address

Pada Ini Saya Akan Membahas Artikel Berikutnya Yaitu Pembahasan Mengenai Perangkat Hardware Jaringan Komputer Secara Mendetail.

Langsung saja ke pembahasannya.



Jenis Jenis Router - Cinta Networking
Jenis Jenis Router - Cinta Networking


Router adalah salah satu Perangkat Hardware Jaringan Komputer yang bayak digunakan dan di perlukan seseorang dalam membentuk atau membangun sebuah jaringan komputer. 
biasanya digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang mempunyai protokol sama atau berbeda dalm sebuah jaringn jang besar. Router bisa juga di gunakan untuk mengirimkan paket paket data melalui sebuah jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya dalm router dinamakan routing.

Baca Juga 

Pengertian Jaringan Komputer
Protokol Protokol Dalam Jaringan Komputer

Dibawah ini adalah beberapa penjelasan tentang  macam macam perangkat Router yang di perlukan seseorang dalam membentuk sebuah jaringan komputer dan Yang saya ketahui Router memiliki beberapa macam yaitu :

A. Router Mikrotik

Mikrotik adalah suatu perangkat hardware jaringan dan sistem operasi atau perangkat lunak yang yang sama halnya seperti Router Cisco Dan Juniver yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal yang dapat melakukann fungsi fungsi jaringan, dan mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP (internet service provider), provider hotspot dan juga warnet.

Gambar RouterBoard Mikrotik

Jenis Jenis Router - Cinta Networking
Jenis Jenis Router - Cinta Networking


Mikrotik juga membawa sertifasi sertifikasi yang dapat memanjakan beberapa orang yang bekerja atau menyukai di bidang jaringan. untuk lebih detailnya bisa baca :

Sertifikasi Sertifikasi Yang Di Sediakan Mikrotik

Baca Juga

Sejarah Dan Perkembangn Mikrotik Dari Dulu Hingga Sekarang
Tipe Dan Seri RouterBoard Mikrotik

B. Router Cisco

Cisco adalah peralatan utama atau perangkat hardware jaringan yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di dalm sebuah jaringan computer yang berlainan atau berbeda subnet. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router

menggunakan tabel dan protocol atau aturan aturan dalam membuat routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data didalm sebuah jaringn yang saling terhubung satu sama lainnya. Cisco juga membawa beberapa sertifikasi sertifikasi yang sam seperti mikrotik yang bisa di dapatkan dengan mengikuti tes sertifiksi secara internasional.

Gambar Router Cisco

Jenis Jenis Router - Cinta Networking
Jenis Jenis Router - Cinta Networking


C. Juniver Network

Juniper Networks adalah sebuah perangkat jaringan yang sama halnya seperti Cisco, Mikrotik dan Alcatel. Juniper sendiri mempunyai produk perangkat perangkat jaringan yaitu switch, router dan perangkat security seperti firewall. Seluruh provide di Indonesia menggunakan perangkat juniper, seperti Indosat, Telkomsel, XL, dll. Juniper biasanya digunakan dibagian core network. Karena juniper sudah terbukti dan terkenal kehandalannya dalam jaringan telekomunikasi di dunia saat ini.sama halnya seperti Mikrotik dan Cisco, Juniver juga membawa beberapa sertifikasi sertifikasi yang bisa di dapat oleh orang orang yang menyukai di bidang jaringan.

Gambar router Juniver

Jenis Jenis Router - Cinta Networking
Jenis Jenis Router - Cinta Networking

Seseorang yang mendapat sertikasi sertifikasi Mikrotik, Cisco, Maupun Juniver ini akan  disebut sebagi orang orang exspert dan mempermudak seseorang dalam mencari sebuah pekerjaan dan di akui secara internasional..


Mungkin itu sedikit pembahasan artikel tentang Pembahasan Jenis Jenis Router - Cinta Networking dan semoga artikel ini dapat berguna dalam menambah ilmu pengetahuan sobat sobat semuanya. Teutama yang sedang belajar dasar dasar jaringan.
Terima Kasih Telah Membaca Pembahasan Artikel Di atas Di Blog"cintanetworking" dan Tunggu Beberapa Artikel Terbarunya tentang dunia jaringan.

Artikel Terkait

Posted On : Selasa, 08 November 2016Time : 23.44
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]