Belajar pemrograman Mikrokontroler dengan bahasa c

Author : UnknownTidak ada komentar

selain menggunakan bahasa Basic (Bascom-AVR atau Bascom8051) dalam memprogram mikrokontroler keluaran Atmel kita juga bisa menggunakan Bahasa C. bahasa C adalah bahasa tingkat tinggi (HLL), jadi kita akan dimudahkan dalam melakukan pemrograman. kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana belajar pemrograman mikrokontroler  dengan bahasa c dengan menggunakan software WinAVR.

Software ini free alias gratis. anda bisa mengunduh melalui situs resminya di https://sourceforge.net/projects/winavr/files/WinAVR/

saya anggap teman-teman sudah bisa instalasi program under Windows. termasuk cara instal WinAVR. setelah selesai memasang WinAVR di komputer anda maka akan menghasilkan file instalan seperti pada gambar dibawah ini.

belajar pemrograman mikrokontroler  dengan bahasa c

MFile [WinAVR] dan Programmers Notepad akan sering kita gunakan, jadi sebaiknya dibikinkan shortcut di dekstop saja. bagaimana membuat shortcut di dekstop seperti membuat shortcut2 program lain. dan beginilah bentuk shorcut untuk kedua program tersebut

Belajar pemrograman Mikrokontroler  dengan bahasa c

MFile [WinAVR] digunakan untuk menseting Mikrokontroler, sedangkan Programmers Notepad digunakan untuk menulis kode-kode perintah Mikrokontroler dalam bahasa C. karena untuk tujuan belajar kita untuk sementara bisa menggunakan proteus untuk mensimulasikan hasil.

Program pertama yang akan kita buat adalah sebuah Pemrograman yang sangat sederhana bagaimana cara menyalakan sebuah lampu Led menggunakan bahasa C dengan tool WinAVR. yaelah masak mau nyalain Led saja harus pakai program! disini yang menjadi bukan  menyalakan Lednya, akan tetapi bagaimana sebuah program itu bekerja. sebuah komputer atau smartphone yang sangat canggih sekalipun tetap dasar tekniknya adalah bagaimana menyalakan sebuah Led, dalam hal ini nyala=1 (ada tegangan) dan padam=0 (tidak ada tegangan)

setelah bisa memprogram nyala Led selanjutnya adalah sebuah program sederhana bagaimana mengedipkan sebuah lampu Led. jadi dimulai dari yang paling sangat sederhana dulu.

Materi Belajar pemrograman Mikrokontroler  dengan bahasa c ini akan bersambung terus sampai kita memahami Dasar dasar pemrograman Mikrokontroler dengan bahasa C dengan tools WinAVR. dan pada nantinya bisa dikembangkan untuk proyek proyek mikrokontroler yang lebih canggih. 

Artikel Terkait

Posted On : Minggu, 20 November 2016Time : 07.13
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]