charger Aki Motor dari lampu LHE dan Trafo PSU Komputer

Author : UnknownTidak ada komentar

charger Aki Motor dari lampu LHE dan Trafo PSU Komputer ini bisa anda rakit dengan biaya yang sangat minim bahkan gratis. lampu LHE bisa anda dapat dari lampu LHE yang sudah mati, anda ambil bagian elektroniknya. kemudian untuk trafo PSU komputer bisa anda dapat dari tukang reparasi Komputer yang biasanya pasti memiliki banyak PSU bekas. atau bisa juga ke tukang rongsokan. apalagi jika anda sendiri yang punya jasa repair komputer, pastinya limbah PSU ini amatlah banyak dan sayang jika harus dirongsokan apalagi dibuang begitu saja.
charger aki murah meriah
charger Aki Motor dari lampu LHE dan Trafo PSU Komputer ini dapat melakukan charging dengan waktu relatif cepat, gak sampai 1.5 jam aki sudah bisa menstarter motor lagi, tanpa membuat aki menjadi panas dan mendidih yang akan memperpendek usia Aki motor. untuk lampu LHE bekas yang kita gunakan sebaiknya yang mempunyai daya 45W. jika terlalu kecil dipastikan tidak akan maksimal. untuk trafo PSU hampir semua bisa digunakan. ambil trafo PSU yang ukuranya paling besar yang menghasilkan tegangan 12V dan 5V. selain Trafo kita juga bisa memanfaatkan Diode FR dari PSU komputer ini untuk penyearah, jadi tidak perlu membeli Diode lagi.
charger Aki Motor dari lampu LHE dan Trafo PSU Komputer
output lampu LHE ada 4, yang kita gunakan hanya 2 saja. 2 jalur output lain yang tidak kita pakai adalah yang terhubung ke Kapasitor mylar, perhatikan pada gambar diatas. untuk menentukan jalur 12V pada trafo PSU bisa dengan cara diurut dari output 12V PSU komputer. jalur 12V PSU komputer terdapat pada kabel yang berwarna kuning, sedang kabel merah adalah untuk 5V.
charger Aki Motor dari lampu LHE dan Trafo PSU Komputer
charger Aki Motor dari lampu LHE dan Trafo PSU Komputer ini belum otomatis memutus saat Aki Motor penuh. kita bisa menambahkan rangkaian otomatis dengan menambahkan rangkaian pendeteksi tegangan penuh saat tegangan Aki Motor mencapai 13.8V. rangkaian seperti ini sangat mudah dibuat hanya dengan beberapa komponen pasif , SCR, Led, Zener, dan sebuah relay. 
charger aki otomatis
atau bisa juga menggunakan skema di bawah ini yang sudah jadi satu dengan chargernya langsung
charger Aki Motor dari lampu LHE dan Trafo PSU Komputer
berikut di bawah ini rangkaian charger Aki Motor dari lampu LHE dan Trafo PSU Komputer yang telah digabung dengan rangkaian otomatis.
charger Aki Motor dari lampu LHE dan Trafo PSU Komputer
silahkan dicoba sendiri charger Aki Motor dari lampu LHE dan Trafo PSU Komputer ini. dengan biaya sangat minim atau very low cost sudah bisa dibuat sebuah charger Aki Motor dari lampu LHE yang handal. rangkaian ini merupakan ide dari Bang Rakhmat Jaya. sedangkan untuk rangkaian otomatis yang pertama diambil dari internet.

Artikel Terkait

Posted On : Senin, 28 November 2016Time : 17.46
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]