cara mengganti dan memasang mensin tv baru

Author : UnknownTidak ada komentar

cara mengganti dan memasang mensin tv baru adalah solusi tercepat dan termudah dikala kita sedang service tv dan menemukan kerusakan yang susah diatasi, atau bisa juga melakukan peremajaan terhadap tv lawas, kuno, atau jadul. bisa juga jika kita ingin membangun perusahaan perakit tv seperti mas Kusrin yang terkenal itu. atau mungkin alasan lain seperti males menelusuri kerusakan tv lebih jauh lagi, dan langsung memvonis harus ganti mesin tv. biar cepet bayaran dan ga pusing bahkan malah nombok. he..he...

akan tetapi cara mengganti dan memasang mensin tv baru juga tidak ada enaknya. tidak enaknya jika ternyata mesin yang kita beli bermasalah, meskipun sudah dicoba ditoko. karena waktu uji coba ditoko cuma sebentar dan asal nyala, awasss. bahkan lebih parahnya tidak dicoba sama sekali. tidak enaknya yang lain adalah penempatan tombol2 tv yang rata rata berbeda dengan tombol asli tv, dan akhirnya tombol tidak dipasang dan hanya mengandalkan remote.

berikut ini langkah langkah cara mengganti mensin tv baru atau cara memasang mesin tv china, setelah satu paket mesin tv anda beli dari toko elektronik.

  1. buka kemasan mesin tv china, dan ambil mesin tv dari dus              
  2. pasang kabel AC
  3. pasang kabel tombol dan sensor remote
  4. pasang kabel speaker ke speaker TV
  5. pasang kabel perpanjangan antena ke tuner, dan colokan kabel yang sudah terhubung ke antena luar
  6. pasang kop anode ke tabung                                               
    cara memasang kop anode tv
  7. ambil dan pasang kabel yoke atau defelksi. ada 4 kabel (2 vertikal, biasa) dan (2 Horisontal)  
    cara memasang kabel horosontal dan vertikal tv
  8. pasang kabel degausing, jika colokan tidak cocok bisa disolder langsung
  9. jangan lupa pasang kabel ground CRT
  10. pasang perlahan-lahan soket CRT                                             
    memasang soket crt tv
  11. dan hidupkan Power, dan amati lampu Led di Sensor Remote nyala atau tidak
  12. dengarkan ada suara dessss.....sesaat tombol power ditekan
  13. perhatikan layar tv
  14. ...............dan jika lampu led dan suara dessss....tidak ada, segera cabut atau matikan lagi power. karena kemungkinan ada salah pasang atau mesin tv china bermasalah.

sampai tahap diatas anda sudah bisa mencoba menyalakan mesin tv baru tersebut untuk sekedar menguji hasilnya. langakah selanjutnya jika cara mengganti mensin tv baru diatas sukses adalah melakukan seting-seting gambarjika kurang lebar, kurang keatas atau kebawah, atau mungkin warna kurang cocok dengan jenis tabungnya.

siapkan remote tv china baru tersebut, akan tetapi buka dulu penutup baterai remot dan pasang baterai karena baterai remot tidak termasuk dalam paket. perhatikan lubang kecil pada remote, lubang itu berfungsi untuk masuk ke menu service dengan cara menusuk dengan kabel yang kaku atau bisa juga dengan tenol yang ujungnya dipertumpul.
service mode tv
caranya adalah, tusuk lubang tersebut dengan benda yang telah disebutkan diatas dan arahkan pada sensor remotenya sampai dilayar muncul tulisan "factory" berwana merah di bagian atas, tekan sekali lagi untuk masuk ke menu pengaturan warna, tekan sekali lagi untu masuk menu bidang gambar, dan tekan lagi untuk keluar.
service mode tv china
siapkan juga kertas atau buku petunjuk yang ada dalam pembelian paket mesin tv china tersebut. dalam buku petunjuk tersebut ada penjelasan cara menseting ukuran gambar, dan masalah pengaturan warna. terdapat juga skema tv yang akan berguna di suatu saat jika tv ada masalah.

kita juga bisa mengubah Logo start awal TV dengan menyesuaikan merek TV, biar kelihatan profesional saja dan sesuai.

permasalahn yang sering terjadi saat penggantian mesin tv china

  1. gambar tv kecil sekali ditengah. mungkin tv slim yg anda ganti
  2. gambar kurang lebar kanan kiri. tambah C di out horisontal, trial & error.
  3. gambar terlalu keatas dan kebawah. seting via remote.
  4. gambar terbalik balik. salah polaritas kabel vertikal atau horisontal.
  5. gambar tidak clear dan terlalu banyak noise. perhatikan antena.
  6. warna Read, Green, dan Blue tidak seimbang. seting via remote.
  7. ada ledakan dari elco setelah beberapa saat tv sudah menyala normal. elco kebalik atau voltase kekecilan (kesalahan pabrik).
bagaimana susah juga kan jika malah timbul masalah baru saat anda memutuskan untuk mengganti mesin tv china. untuk itu kita harus bijaksana dalam memutuskan masalah ini, tidak semuanya harus diselesaikan dengan mengganti dengan mesin yang baru. bisa jadi kerusakan tv hanya masalah sepele seperti solderan kendur yang kita tidak tahu dimana letaknya.

demikian share pengalaman kami dalam cara mengganti mensin tv baru atau cara memasang mesin tv china. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Posted On : Jumat, 25 November 2016Time : 21.33
SHARE TO :
| | Template Created By : Binkbenks | CopyRigt By : My Blog | |
close
Banner iklan disini
> [Tutup]